• 22 Februari 2024 15:36
UD Trucks Indonesia

Jakarta – UD Trucks Indonesia, produsen kendaraan komersial terkemuka, dengan bangga mengumumkan pengakuan dan penghargaan kepada 17 karoseri UD Trucks yang telah menunjukkan kepatuhan luar biasa terhadap persyaratan keselamatan Kementerian Perhubungan Indonesia.

Sesuai dengan peraturan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, pembuatan karoseri kendaraan harus disertai dengan sertifikasi dan persetujuan dari kementerian. Proses ini berujung pada penerbitan Surat Keterangan Rancang Bangun (SKRB), yang memberikan legitimasi hukum atas pembuatan badan kendaraan komersial termasuk untuk UD Trucks.

Proses pengajuan SRUT (Deskripsi Desain Bodi Kendaraan) dan SKRB biasanya memakan waktu sekitar satu bulan untuk pengajuan SRUT diikuti dengan tambahan dua minggu untuk penerbitan SKRB.

Manfaat yang dihasilkan dari kepatuhan ini berlaku baik bagi pelanggan maupun karoseri itu sendiri. Bagi pelanggan, kepastian karoseri yang sesuai dengan aturan akan mempercepat proses pembelian kendaraan komersial dan penerbitan dokumendokumen yang dibutuhkan termasuk STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan Keur (Pemeriksaan Kendaraan).

Catur Satyawira, Product Development UD Trucks Indonesia, menegaskan bahwa ini adalah bagian dari tugas UD Trucks untuk memastikan semua persyaratan keselamatan terpenuhi sebelum melepaskan UD Trucks ke jalan raya. Proses ini membantu pelanggan dalam bisnis mereka, dan menghindari kendala waktu terkait keterlambatan pendaftaran.

UD Trucks di acara apresiasi ini juga tak lupa menghadirkan perwakilan dari pihak Kementrian Perhubungan untuk dapat memberikan arahan dan dukungan mereka kepada para karoseri yang telah berhasil mendapatkan sertifikasi tersebut.

Penyerahan penghargaan ini merupakan kesempatan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada karoseri atas kontribusi mereka yang signifikan dalam memfasilitasi pembuatan karoseri UD Trucks. Penghargaan ini juga untuk mengakui dan menyemangati para pembuat karoseri dalam menegakkan standar keselamatan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui kementrian perhubungan terutama direktorat jendral perhubungan darat.

UD Trucks Indonesia mengucapkan terima kasih kepada para karoseri yang telah berpartisipasi dan distributor UD Trucks, Astra dan United Tractors yang juga memberikan dukungan yang tak ternilai dan berperan penting dalam keberhasilan implementasi inisiatif ini.

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap keselamatan di jalan raya, UD Trucks akan terus bekerja sama dengan berbagai karoseri yang ada untuk menyediakan kendaraan dengan standar keselamatan tertinggi bagi pelanggan kami sesuai dengan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

“Terima kasih kepada UD Trucks Indonesia dan para karoseri yang sudah mendukung kebijakan pemerintah dalam Zero ODOL (Overload Over Dimension) dengan memastikan ukuran kendaraan tidak melenceng dari yang ditetapkan. Saat ini juga kami sudah menerbitkan SRUT kendaraan secara online, dimana proses penerbitannya menjadi satu minggu lebih cepat” Ujar Wendri Wijaya, perwakilan dari Direktorat Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

By Yanto

Komentar pembaca