• 21 Juli 2024 08:51

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Audio Yamaha Pada Mitsubishi XForce

Jakarta – Mitsubishi XForce mengandalkan merek audio Yamaha untuk melengkapi sistem tata suara di dalam kabin. Di mana, kolaborasi ini menghadirkan tata suara audio ala konser musik.

Salah satu fitur kebanggaan yang dimiliki oleh Mitsubishi Xforce adalah audio bermerek Yamaha. Bagi Yamaha, ini adalah kali pertama mereka membeli sistem audio untuk sebuah pabrikan mobil.

Sebelum memilih Yamaha untuk dibenamkan di kabin Xforce, Mitsubishi terlebih dahulu melakukan riset di beberapa negara Asean, termasuk Indonesia dan hasilnya, 96 persen pengendara mobil di Indonesia, senang berkendara sambil ditemani audio yang punya suara berkualitas tinggi.

“Untuk pemilihan merek Yamaha untuk melengkapi sistem audio Mitsubishi XForce, melewati proses penelitian panjang. Yamaha sendiri dikenal memiliki keahlian dalam teknologi dan bidang musik, termasuk produksi alat instrumennya” Ujar Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President MMC.

 

Audio Yamaha Pada Mitsubishi XForce
Untuk speaker depan menganut sistem 2 way terpisah, dengan penempatan tweeter untuk menghasilkan suara tinggi dan menengah (vocal) pada pilar kaca depan (Foto: Dok)

 

Mitsubishi pun langsung mencari pabrikan audio yang bisa meracik suara yang bagus dan merdu. Yamaha dipertimbangankan karena jenama dari Jepang ini punya reputasi yang baik dalam menghadirkan audio dan instrument berkualitas tinggi.

“Yamaha memiliki kapabilitas dan teknologi yang baik. Mereka memiliki perangkat home audio premium” ungkap

Untuk diketahui, sistem Dynamic Sound Yamaha ini terdiri dari delapan speaker, dengan tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker coaxial dua arah di pintu belakang. Dengan volume dan kualitas suara yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan, penumpang dapat menikmati mid dan high yang terdefinisi dengan baik dan bass yang dinamis, bahkan di jalan yang kasar.

Selain itu, sound system yang diusungnya juga menawarkan empat tipe suara yang dapat dipilih sesuai dengan selera musik dan suasana hati, antara lain Lively, Signature, Powerful, dan Relaxing.

Sistem audio Yamaha yang ada di kabin Mitsubihsi XForce mengandalkan 8 unit speaker yang terdiri dari masing-masing model 2 way (biasanya terdiri dari speaker jenis tweeter dan mid bass), terpasang di beberapa area, seperti pilar A, door trim pintu depan dan belakang.

Untuk speaker depan menganut sistem 2 way terpisah, dengan penempatan tweeter untuk menghasilkan suara tinggi dan menengah (vocal) pada pilar kaca depan dan mid bass yang menghasilkan nada menengah dalam sebuah sistem audio, umumnya berukuran 6,5 inci tersemat pada door trim pintu depan.

Sementara untuk speaker belakang, mengadopsi sistem 2 way speaker model coaxial (jenis speaker tweeter dan mid bass terpasang dalam satu frame), dengan penempatan tweeter dan mid bass menjadi satu bagian pada door trim pintu belakang.

Penambahan sistem speaker tadi, bertujuan untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan untuk pengemudi dan penumpang, khususnya saat perjalanan jarak jauh atau menembus kemacetan lalu lintas kota.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca