• 21 Februari 2024 16:02
The Elite Showcase

JakartaAudioworkshop sebagai perusahaan yang dikenal sebagai importir produk audio mobil terbaik dunia,salah satunya sebagai importer resmi untuk produk legenda audio asal Jepang yaitu Alpine Car Audio.

Kolaborasi kali ini cukup menantang dan unik karena bekerja sama dengan seorang drifter yang juga seorang judge untuk event drift ialah Lucky Reza. Sebuah tantangan bahwa sangat jarang sekali mobil balap diaplikasikan peredaman mobil dan audio yang proper.

Lucky Reza merombak interior mobil drift kuning ikonik Nissan 180SX miliknya. Mengusung konsep Retro Futuristik, Nissan 180 SX dikembalikan ke bentuk semula dan difungsikan kembali sebagai daily car.

 

The Elite Showcase
Dalam Event The Elite Showcase 2023, Project Audio dan Peredam Kolaborasi Audioworkshop di Mobil Lucky Reza (Foto: Dok)

 

“Saya ingin mobil dapat dinikmati sepenuhnya, baik untuk drifting ataupun sebagai mobil harian, dengan segala fitur interiornya dikembalikan sesuai fungsi, karena ini mobil balap ya gue juga pengen mobil gue tetep adem, ga berisik dan yang pasti harus ada audio nya makanya gue pilih Audioworkshop untuk garap urusan kenyamanan interiornya” ungkap Lucky Reza

Kolaborasi pengerjaan audio mobil dan peredam digarap di workshop Bestbuddyshop.com daerah BSD. Sebelum dilakukan pengerjaan audio, mobil Nissan 180sx berwarna kuning dilapisi peredam mobil yaitu dengan menggunakan Z3RO 2mm, peredam dengan multilayer alumunium dan white butyl rubber yang eco friendly, material rubber food grade dan non toxic sehingga kabin jauh lebih kedap, mereduksi noise dan panas.

Sedangan untuk audio mobil, Alpine memberikan sentuhan 90’s Japan Style yang tetap futuristik, menggunakan UTX M06 yaitu Hi Res Media Player dengan built in DSP, dengan “looks” analog berupa 6 green bottom khas Alpine. Dikombinasikan dengan 2way Alpine DP 65C terbuat dari anyaman karbon fiber berkualitas tinggi menghasilkan suara yang alami dan clear serta surround menggunakan speaker coaxial Alpine SPJ-161C2.

 

The Elite Showcase
Kolaborasi Cukup Menantang Project Audio dan Peredam Kolaborasi Audioworkshop, Dalam Event The Elite Showcase 2023 (Foto: Dok)

 

Untuk urusan suara bass menggunakan 2 unit Basstube Alpine SWT-S10 yang di modifikasi bagian boxnya dan diperkuat daya menggunakan power amplifier 4ch high End Alpine R-A60F sebanyak 2 unit. Workshop Bestbuddyshop juga memberikan sentuhan akhir yang sangat apik di bagian dashboard, doortrim dan pastinya di custom bagasi untuk audio nya.

Project kolaborasi pertama kalinya akan di showcase di event The Elite Showcase 4-5 Februari 2023 di ICE BSD Hall 9. Kunjungi langsung mobil demo dan box demo Alpine & Z3RO hanya di booth STANCELAB.

Car Audio System on Nissan 180sx :

Hi Res Media Player withDSP   : Alpine UTX M06 (1 unit)
Front Speaker 2way                  : Alpine DP-65C (1unit)
Rear Speaker Coaxial                : Alpine SPJ 161 C2 (1 unit)
Amplifier 4ch                            : Alpine R-A60F (2 unit)
Subwoofer                                : Alpine SWT-S10 (2 unit)
Cable                                        : Pitch & Timbre
Sound Proofing                        : Z3RO 2mm
Tuner /Installer                         : Wahyu Tanuwidjaja
Interior Finishing                      : Bestbuddyshop.com

Berikut spesifikasinya :

DSP Audio Player Alpine UTX-M06

Alpine UTX-M06 dengan desain struktur yang unik dan memiliki harga terbaik ini dapat dipasang di berbagai jenis mobil tanpa modifikasi. Mempertahankan kemampuan untuk memutar sumber suara asli. Juga memiliki port USB ganda depan dan belakang untuk pemutaran penyimpanan massal.

Kelebihan yang dimiliki oleh Alpine UTX-M06, satu-satunya Head Unit “Add On Player” atau sebagai unit “Tambahan”. Head Unit “Add On Player” dimaksud dengan head unit yang bisa digunakan untuk kendaraan keluaran Eropa atau untuk kendaraan yang Head Unitnya sudah terintegrasi dengan compartment kendaraan tersebut. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika melepas Head Unit yang sudah terintegrasi dengan sistem kamera 360 karena sistem kameranya akan menjadi “malfungsi”.

Head Unit UTX Series ini sebagai jawaban dari Alpine untuk para penggemar radio yang ingin mendengarkan musik dari Head Unit original (tanpa mengganti head unit) dengan kualitas suara yang bagus.

Kelebihan lainnya UTX-M06 ini berteknologi HiRes Audio dimana mampu memutar musik dengan sampling rate 96 Khz/ 24 Bit. Tersedia Bluetooth HD Versi 4.2 sehingga anda dapat memutar musik dari file smartphone anda. Dilengkapi dengan 10 band parametric EQ, 6 Channel time correction, dan X over.

Bass Reflex Subwoofer Tube Alpine SWT-S10

Dengan penanganan daya puncak 1200W, bass reflex subwoofer tube siap pakai ini cocok untuk penggemar bass besar. Kisi-kisi pelindung memastikan tidak ada yang bergeser di bagasi yang dapat merusak woofer.

SWT-S10 memiliki rentang respons frekuensi sekitar 35Hz hingga 200Hz, Penanganan daya 1200W Peak power dan 250W RMS power. Berdimensi 285 x 600 mm. Dengan SWT-S10 anda tidak perlu membuat box subwoofer lagi.

2 Way Speaker Alpine DP-65C

Penampilan atmosfir sederhana yang ada secara fungsional, Speaker pertama yang menggunakan bahan diafragma baru “Serat Hibrida” dan karakteristik aluminium sehingga menciptakan estetika dan tekstur visual.

Serat Hibrida mengandung serat karbon dan serat antipeluru dimana serat karbon kaku tinggi mencerminkan kekuatan bass dan serat antipeluru ketangguhan tinggi dengan jelas mencerminkan suara lembut nada tengah. Unit bass menggunakan bahan diafragma terpadu untuk mencapai berbagai konvergensi pemutaran sumber suara alami. Terminal Pada DP-65C berlapis emas anti korosi/karatan sehingga terminal mendapatkan perlindungan yang baik.

Coaxial Alpine SPJ-161C2

Coaxial Speaker 2 way yang menampilkan respons frekuensi 30kHz. Produk ini lebih baik daripada model Type-J sebelumnya. Jangkauan lebih luas dan kualitas suara yang lebih tinggi.

Coaxial ini akan mengeluarkan suara yang jauh lebih besar. Kompatibel dengan amplifier 2 saluran dan 4 saluran Alpine entry-level, untuk membangun sistem dengan mudah. SPJ-161C2 mudah dipasang di kendaraan apapun sangat cocok untuk modifikasi mobil anda.

Amplifier Alpine R-A60F

Amplifier R-Series terbaru hadir dengan teknologi yang menghasilkan daya tinggi dan pencitraan yang akurat. Selain itu, memiliki filter bandpass internal yang memungkinkan anda merancang pengaturan speaker aktif tanpa prosesor terpisah. Teknologi baru ini meminimalkan ketidaksempurnaan suara seperti pergeseran fase yang berlebihan dan kebisingan internal yang dapat menurunkan kualitas suara.

R-A60F adalah item pencocokan daya yang sempurna untuk speaker dan amplifier R-Series untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Disetel untuk panggung suara yang tepat agar musik anda terdengar lebih baik, apapun genre yang anda sukai. Mari rasakan suara hebat yang anda cari.

Z3RO

Z3RO merupakan salah satu produk Z3RO Solutions yang berfungsi sebagai solusi akustik, pereduksi getaran, dan panas untuk kendaraan maupun ruangan.

Z3RO mengutamakan kualitas bahan yang aman untuk kesehatan anda. Oleh karena itu, pada varian 2mm ini berbahan dasar butyl rubber putih bersih tidak berbau (non bitumen) dan alumunium murni yang tebal. Dengan ketebalan yang pas sehingga mobil bertambah rigid tetapi tidak terlalu berat. Produk ini sudah waterproof yang memiliki karakteristik anti korosi pada kendaraan.

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

Komentar pembaca