• 15 April 2024 00:56

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Journalist Competition

Jakarta – Selama rangkaian OLX Autos Indonesia Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2022 (OLX Autos IMX 2022) yang sukses digelar pada 1-2 Oktober 2022 lalu, peran wartawan dan media otomotif dalam membentuk narasi-narasi yang akurat, menerangkan, dan mengedukasi di setiap pemberitaan terbaru dari redaksional IMX secara tepat diterima oleh publik luas.

OLX Autos IMX 2022, NMAA berkolaborasi dengan Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) menggelar Journalist Competition melalui beberapa jenis karya. Berupa Writing Competition, Photo Competition, dan Reels Competition dalam periode 25 Juni hingga 5 Oktober 2022.

Beberapa hadiah disiapkan mulai dari uang tunai jutaan rupiah serta kesempatan mendapatkan supergiveaway berupa 1 unit Prototype Skuter Matic Hybrid. Pengundian pemenang supergiveaway yang berlokasi di JCC saat ajang OLX Autos IMX 2022 digelar pada 2 Oktober dimenangkan oleh Bimo Hariyadi dari media Kabaroto.

Unit konversi motor bermesin konvensional menjadi hybrid tersebut merupakan wujud kolaborasi antara National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dan Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) dengan menghadirkan inovasi kendaraan bermotor masa depan sekaligus menjadi solusi tingginya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia.

Andre Mulyadi selaku Founder NMAA dan IMX Project Director dalam ekosistem industri modifikasi dan aftermarket, pemberitaan rekan-rekan media dan wartawan otomotif berperan penting dalam mengenalkan visi dan misi para insan modifikasi di Indonesia.

“Kolaborasi NMAA dan IATO dari produk prototype motor konvensional ke versi hybrid pertama kalinya ini merupakan wujud nyata hasil karya sesuai tingginya tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia saat ini. Dalam menyambut target produksi 2 juta motor listrik pada 2030 mendatang, NMAA dan IATO mencoba berkontribusi memberikan inovasi prototype motor hybrid dari basis Honda Beat” ujar Andre.

“Ajang Journalist Competition berhadiah jutaan rupiah dan giveaway prototype motor hybrid diharapkan dapat memicu para jurnalis atau wartawan otomotif untuk terus mengembangkan minat, bakat, serta kreativitas dalam berkarya di bidang jurnalistik” Ketua Forum Wartawan Otomotif (FORWOT), Indra Prabowo.

“Selain itu, gelaran yang berkolaborasi OLX Autos IMX 2022 sebagai platform pameran modifikasi dan aftermarket nasional diharapkan dapat menunjang akses informasi luas kepada publik” kata Indra Prabowo

“Gelaran IMX yang digelar setiap tahunnya tentu menjadi barometer modifikasi dan aftermarket di Indonesia, dimana hal ini memiliki misi tersendiri untuk menggairahkan industri otomotif hingga ke kancah internasional. Untuk itu, wartawan otomotif berupaya terus mendukung dari segi pemberitaan dengan misi yang sama” tambahnya

Motor hybrid berbasis Honda Beat yang dijadikan supergiveaway kepada jurnalis ini merupakan unit pertama prototype konversi motor Hybrid yang memiliki daya tempuh lebih jauh. Hal ini sebagai bukti dalam menjawab migrasi penggunaan kendaraan konvensional ke listrik di Indonesia.

Selain menawarkan emisi gas buang yang lebih rendah untuk mengurangi efek pemanasan global dan tingginya harga BBM, konversi tersebut juga sejalan dengan peraturan pemerintah soal percepatan kendaraan berbasis listrik yang saat ini mulai digencarkan pemerintah.

Kendaraan prototype bertenaga hibrida ini memiliki desain lebih sporty dan futuristik. Mesin bawaan bertenaga 110 cc kini disandingkan dengan baterai lithium ion Ferro Fosfate (LiFePO4) 60 Volt 25 Ampere (1.500 Wh) yang terdapat di bawah jok.

Untuk baterai tersebut diproduksi oleh perusahaan lokal PT Sentramitra Dayautama. Untuk daya tempuhnya sendiri mampu menjangkau hingga 60 km dan kecepatan maksimal 90 kpj.

Sistem Hybrid on Demand yang diusungnya dapat dipilih sesuai kebutuhan pengendara, sehingga pengoperasian mesin bakar atau motor penggerak dapat diatur dengan mudah melalui tombol atau saklar cut-off yang terdapat di bagian setang motor.

“Unit prototype motor hybrid ini masih terus dikembangkan memberikan solusi langsung dari fenomena permasalahan yang terjadi saat ini seputar tingginya harga BBM. Selain itu, IATO memberikan solusi dalam menjawab tren penggunaan kendaraan listrik melalui konversi” jelas Hari Budianto, Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO).

“Langkah ini terbilang cocok diaplikasikan di Indonesia sebelum beralih ke sistem listrik berbasis baterai, terlebih ketersediaan stasiun pengisian baterai di Indonesia belum banyak tersedia di fasilitas publik” paparnya

Hari melanjutkan, program B to B yang digulirkan masih terbatas. Untuk itu, prototype tersebut nantinya akan ditinjau oleh lembaga, bereksperimen dengan kendaraan listrik. Dalam satu unit kendaraan listrik memuat komponen diantaranya: baterai, motor listrik dan control unit (CPU).

Dibalik proses kreatifnya, Deddy Dermawanto dari DJ Custom mengaku konversi motor mesin bensin ke listrik punya tingkat kesulitan tersendiri, terutama ketika mengkalibrasi perputaran mesin listrik dengan putaran kabel gas bawaan mesin bensin.

“Konversi motor bensin ke hybrid ini juga mengubah konstruksi sektor belakang dengan diikuti pemasangan swing arm custom. Seluruh prosesnya dari motor datang sampai siap dipamerkan kurang lebih memakan waktu selama satu bulan” papar Deddy.

“Kami para bengkel modifikasi berharap, pemerintah bisa mendukung bengkel – bengkel yang bisa melakukan konversi. Bagaimana bengkel tersebut bisa jadi rujukan konversi kendaraan dalam memenuhi standar, dan sudah mengantongi sertifikat legal untuk melakukan konversi,” harap Deddy mewakili para bengkel modifikasi lainnya.

“Sebelum mengarah ke penggunaan motor listrik, ada baiknya beralih ke versi hybrid lebih dulu, jadi tidak usah khawatir kalau dipakai perjalanan jarak jauh karena masih ada mesin bakar yang berfungsi mengisi daya baterai” pangkas Deddy.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca