Jendela Otomotif Indonesia

Hino HTSCC Menjadi Tempat Studi Banding Poltrada Bali Kemenhub

0

Jakarta – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai salah satu brand kendaraan komersial yang terdepan dalam membangun dan mendukung program Pemerintah dalam hal keselamatan dijalan mendapat kunjungan dari Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali) Kementerian Perhubungan.

Poltrada Bali melakukan studi banding ke fasilitas Hino Total Support Customer Center (HTSCC) yang merupakan fasilitas pelatihan pengemudi yang dimiliki Hino yang terletak di Kota Bukit Indah, Purwakarta.

HTSCC sendiri baru Hino resmikan pada tanggal 27 Januari 2022 lalu yang merupakan pusat pelatihan pengemudi dengan total luas lahan 24.000 meter persegi yang diperuntukan untuk pelatihan berkendara truk dan bus yang aman, karena disini diberikan pelatihan seperti teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik, mengemudi yang ekonomis, pemeriksaan harian, dan teknik blind spot.

Tidak hanya lintasan pelatihan, di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas – kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan mengacu kepada standar BNSP, karena di HTSCC juga dibekali dengan para instruktur yang handal, terlatih dan tersertifikasi.

Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI mengatakan, kegiatan studi banding ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan sinkronisasi pembelajaran dengan dunia usaha / dunia industri dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang transportasi darat dan logistik.

Kegiatan diawali dengan paparan terkait profil HTSCC dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Hino dilanjutkan dengan tanya jawab dan tinjauan lapangan fasilitas yang ada di HTSCC seperti fasilitas gedung, kelas – kelas, driving simulator dan tinjauan fasilitas praktek yang ada di HTSCC seperti blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

“Hino sangat senang mendapat kunjungan dari Poltrada Bali Kemenhub yang saat ini menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bidang transportasi darat dan logistik. Dengan kunjungan ini kami dapat berbagi dan bertukar informasi sekaligus mensinergiskan kerjasama untuk meningkatkan keilmuan bidang transportasi darat dan logistik yang sesuai dengan dunia usaha dan industri guna berdampak luas bagi masyarakat” jelas Santiko Wardoyo, COO Director HMSI

 

 

 

 

Komentar pembaca