Jendela Otomotif Indonesia

Hasil Sinergi Think Women dan Meta, Dukung Perempuan Berbisnis di Era Digital

0

Jakarta – Think.Women berupaya mendobrak stigma ini dengan menghadirkan “Perempuan Maju Digital: Pebisnis Online” program pengembangan untuk para perempuan pemilik bisnis usaha rintisan melalui pelatihan. Perempuan Maju Digital bertujuan meningkatkan kecakapan digital guna mengembangkan potensi usaha mereka yang menjadi bagian dari ekosistem ekonomi digital Indonesia sejak tahun 2018.

Program ini dirancang khusus untuk dapat membantu perempuan berdaya dalam memaksimalkan semua potensi, baik dari dunia digital, Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 5.000 perempuan di lebih dari 42 kota di Indonesia yang turut berpartisipasi dalam program “Perempuan Maju Digital: Pebisnis Online” selama tahun 2020-2021 melalui situs perempuanmajudigital.id.

Lebih istimewa lagi, guna memperluas jangkauan di platform online, selama dua tahun terakhir, Perempuan Maju Digital telah bermitra dengan platform pemberdayaan pengusaha perempuan dari Meta, #SheMeansBusiness.

Dengan visi dan misi yang selaras dalam hal pemberdayaan perempuan di ruang ekonomi digital, kedua platform ini saling bersinergi memberikan pelatihan serta pendampingan bertahap dan menyeluruh kepada setiap peserta program, sehingga dapat meningkatkan literasi digital para pengusaha perempuan, dan pada akhirnya mendukung kontribusi pengusaha perempuan di sektor ekonomi digital Indonesia.

Memasuki tahun ketiga, penyelenggaraan program “Perempuan Maju Digital: Pebisnis Online” hadir dalam bentuk yang berbeda. Sebelumnya, Perempuan Maju Digital digelar dalam bentuk workshop selama dua hari di enam kota, yaitu Bogor, Semarang, Malang, Padang, Pontianak, dan Ambon yang melibatkan lebih dari 5.000 orang perempuan.

Guna menjangkau dan meningkatkan kemampuan digital lebih banyak perempuan, Kelas Online dan lebih dari 300 perempuan mengikuti Kelas Online Intensif Perempuan Maju Digital yang melibatkan perpaduan kelas online dan bentukan business growth program tanpa dipungut biaya.

Anantya, Managing Director Think.Women, mengatakan, perempuan Maju Digital hadir sebagai komitmen Think.Women untuk menjadi wadah dalam diskusi dan pembelajaran terbuka seputar penggunaan digital yang bertujuan meningkatkan kemampuan para womenpreneur di Indonesia.

“Program online intensif mampu untuk memberikan wadah untuk berdiskusi seputar bisnis, meningkatkan pengetahuan dan tingkat rasa percaya diri perempuan pemilik usaha kecil dan mikro sebesar 12-19%” ungkapnya

“Kami memahami bahwa di masa pandemi ini, banyak sekali tantangan yang dihadapi perempuan wirausaha untuk terus berkembang dan bertumbuh, namun kami percaya bahwa teknologi dapat membantu mereka melewati tantangan tersebut” kata Dessy Sukendar, Manajer Kebijakan Publik untuk Meta di Indonesia.

“Kami berharap kolaborasi bersama Perempuan Maju Digital ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan yang lebih bagi perempuan wirausaha dalam memajukan usahanya” tambahnya

Perempuan Maju Digital: Pebisnis Online 2021” juga mengadakan Pitch Day, yang memberikan kesempatan bagi peserta program kelas online intensif untuk mempresentasikan rencana bisnis berkelanjutan dan kampanye marketing mereka.

Dari hasil Pitch Day, sepuluh peserta terbaik tidak hanya berhak mendapatkan dana marketing dan modal usaha, tetapi juga mengikuti penambahan bentukan Business Growth sebagai salah satu komitmen program untuk menghadirkan program pendampingan yang menyeluruh melalui dana akselerasi bisnis, pengetahuan digital marketing, dan panduan mentor selama tiga bulan.

“Di tahun 2021 ini, Perempuan Maju Digital menjalin kerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Jakpreneur. Ke depannya kami berharap bisa melibatkan lebih banyak partner dalam program yang sudah berjalan selama tiga tahun ini” jelas Anantya.

Komentar pembaca