xnxx Santun Berdakwah di Dunia Maya Secara Efektif - LensaUtama

Santun Berdakwah di Dunia Maya Secara Efektif

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, kembali dilaksanakan secara virtual pada 22 November 2021 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Program ini merupakan kerjasama dengan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dengan tema “Dakwah yang Ramah di Media Sosial” yang diikuti oleh 963 peserta dari berbagai kalangan.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Muhammad Anshar Akil mengtakan, beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam berdakwah di era digital, antara lain konteks sosial sasaran dakwah, teknologi media dakwah, dan substansi materi dakwah.

“Konten dakwah di media sosial harus sesuai dengan Al-qur’an dan Hadits yang disampaikan secara bijak, benar, efektif, lemah lembut, mudah dimengerti, baik, dan penuh hormat” ungkapnya.

“Saat beraktivitas di dunia maya, kita harus memahami adanya UU ITE yang memberikan batasan kebebasan dalam berinternet. Sadari juga bahwa aktivitas daring meninggalkan rekam jejak digital yang harus dijaga dengan baik” Ujar Firdaus Muhammad

“Keterampilan digital diperlukan agar kita mampu berpikir kritis dalam mengakses, mencari, menyaring, dan memanfaatkan informasi yang beredar di internet” jelas Abdul Khalik

“Kewaspadaan, daya kritis, sikap empati, kesantunan, serta tanggung jawab perlu diterapkan dalam aktivitas di dunia maya agar tercapai penggunaan internet yang aman, nyaman, dan bermanfaat sesuai kebutuhan” tutup Syamsu Rizal.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, silakan kunjungi https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Komentar pembaca