• 21 Februari 2024 21:02
Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 18 November 2021 di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Kegiatan dengan tema “Jangan Takut Laporkan Kejahatan Siber” ini diikuti oleh 557 peserta dari berbagai kalangan masyarakat.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Desmona selaku presenter TV. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Maya Oktharia mengatakan, kelebihan dompet digital yaitu meminimalkan tindak kriminal, tidak perlu antre lama, banyak promo, tidak perlu kembalian, bisa dicari tahu keberadaannya, dan lebih mudah mengatur pengeluaran.

“Cara aman transaksi via online yaitu jangan pernah berikan PIN/OTP, hindari WiFi publik, ganti kata sandi secara bertahap, aktifkan notifikasi transaksi” tuturnya.

“Dari sisi pembeli etika bertransaksi di antaranya, memastikan keamanan saat bertransaksi, mencari informasi tentang penjual dan lokapasar, tidak membagikan PIN/OTP, bersedia memberikan ulasan. “Dari sisi penjual, etikanya yaitu jujur terkait produk, tidak menjual barang terlarang” Ujar Andi Widya Syadzwina.

“Hampir semua aktivitas manusia kini bertransformasi, buku menjadi e-book, pendidikan menjadi e-education, silaturahmi menjadi via telepon, surat menjadi e-mail atau surat elektronik, literasi menjadi e-literasi, dan perpustakaan menjadi perpustakaan digital” Ungkap Muhamad Aljebra Aliksan Rauf.

“Modusnya beragam mulai menelepon sebagai CS, meminta data pribadi atau kata sandi, menciptakan situasi palsu, dan SIM swap card. “Ketika mengalami kejahatan siber, datang ke kantor polisi secepatnya, ikuti proses tanya jawab, tunggu kabar lebih lanjut” Jelas Alfian Dirham.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca