Jendela Otomotif Indonesia

Bersikap Positif Sebagai Upaya Mengikis Kasus Perundungan di Internet

0

Jakarta – Sebanyak 983 peserta di Makassar, Sulawesi Selatan mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo secara virtual.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Tema yang dibahas pada kali ini adalah “Mencegah, Menghadapi, dan Melawan Perundungan Digital”.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Sakinah Sulaiman mengatakan, untuk dapat menguasai kemampuan tersebut, warganet dapat memanfaatkan fasilitas pembelajaran online di internet alias e-learning, atau bisa melalui kursus-kursus salah satunya Digital Talent Scholarship yang diadakan oleh Kemkominfo.

“Perundungan sejatinya dapat berdampak negatif bagi korban misalnya, efek ketakutan, ingin pindah lingkungan atau sekolah, kesulitan menjaga hubungan baik, atau bisa membahayakan dirinya sendiri. “Tingkatkan rasa peduli terhadap orang lain” Ujar Soraya Firdausy

“Literasi digital memiliki peranan sebagai upaya proteksi diri dalam keamanan penggunaan internet, pemahaman hak berekspresi dan hak kekayaan intelektual, serta memberdayakan kemampuan” kata Muhammad Yusuf

“Guru bertugas untuk menanamkan literasi kepada para murid agar bisa mengakses sumber-sumber belajar, mendalami pengetahuannya, menghindari diri dari hal-hal yang negatif, serta untuk berpikir kreatif” ungkap Yusuf

“Sejumlah tindakan yang masuk kategori perundungan di internet atau cyberbullying antara lain, fitnah, cemooh, kata-kata kasar, pelecehan, ancaman, serta hinaan. Cara menghentikan perundungan dapat melalui upaya pencegahan atau preventif serta pemanfaatan fitur keamanan” jelas Abdul Jalil.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca