• 21 Februari 2024 14:24

Jakarta – Tahun ini Mitsubishi Xpander genap 4 tahun di Indonesia. Dikenalkan pertama kali di ajang GIIAS 2017, Mitsubishi Xpander kini menjelma jadi mobil yang paling dipilih oleh masyarakat.

Total populasi Mitsubishi Xpander sejak pertama kali diluncurkan pada 2017 hingga Juli 2021 mendekati angka 200.000 unit.

Mitsubishi Xpander memiliki banyak fitur canggih dan kemampuan daya angkut yang sangat baik untuk sebuah Low MPV. Untuk insentif PPnBM dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk membeli Mitsubishi Xpander hal ini ditandai dengan meningkatnya penjualan Mitsubishi Xpander.

Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI mengatakan, Mitsubishi Xpander awalnya walau diekspor ke 30 negara, awalnya diproduksi khusus untuk desain di Indonesia sesuao permintaan pasar Indonesia.

“Kita selalu meminta Indonesia jadi pasar yang utama untuk Xpander. Kalau Pajero Sport global model, Indonesia permintaan Pajero Sport memang tinggi tapi hal itu tidak akan terjadi di Xpander karena sudah konsensus dari MMKSI dan pabrik di sana juga bahwa Indonesia yang utama” imbuhnya

Selama empat tahun Mitsubishi Xpander terus mendapatkan penghargaan dari sejumlah media otomotif. Bukan hanya itu, Mitsubishi Xpander memiliki banyak fitur canggih dan kemampuan daya angkut yang sangat baik untuk sebuah Low MPV.

Mitsubishi Xpander diminati oleh konsumen Indonesia karena faktor desain dan kemampuan yang sangat baik. Hanya saja ada banyak hal yang membuat Mitsubishi Xpander perlu dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

Misalnya nilai jual kembali yang cukup tinggi dibandingkan kompetitor. Kemudahan spare part yang disediakan oleh diler. Layanan purna jual yang komprehensif seperti kemudahan servis dan promo-promo menarik tiap bulan.

Dari segi penampilan, eksterior Xpander hadir dengan kesan mewah, sisi depannya tampak gahar dengan banyaknya lekukan dan ornamen yang menyita perhatian.

Bahkan bodinya yang gagah terkesan seperti sebuah mobil tipe sport-utility vehicle (SUV), mobil Mitsubishi Xpander masuk pada golongan mobil multi-purpose vehicle (MPV). Di bagian depan, gril berukuran cukup besar berhias list tebal khas Mitsubishi akan langsung menarik perhatian.

Terlebih dalam gril tersebut tersemat garis beraksen chrome yang memanjang secara horizontal. Eksterior depan kendaraan bermotor itu juga dilengkapi dengan komponen lampu terpisah. Lampu sein terletak di kap mobil, sementara headlamp tersemat di bawah lampu sein.

Ada juga foglamp di bagian bawah dengan sentuhan ornamen intake udara berbentuk trapezoid. Interior mobil Mitsubishi Xpander didominasi dengan perpaduan warna hitam dan beige. Kokpit pun terlihat begitu lapang dan luas.

Sementara bicara soal desain dasbor, saingan Nissan Livina ini dirancang dengan menampilkan kesan mewah dari AC controller dan gate type, untuk headunit, sistem audio berlayar sentuh membuat penumpang dan pengendara bisa memutar musik dengan beragam format.

Di antaranya CD/DVD, MP3, radio, USB, hingga bluetooth. Pada bagian multi instrumen display (MID), Mitsubishi melengkapi produknya menggunakan tipe analog dengan paduan digital untuk menambah informasi kabin.

Bagian kemudi juga sudah disematkan Audio Steering Switch control dengan Voice Command. Mengingat bodi Mitsubishi Xpander yang cukup panjang, pencinta otomotif tak perlu khawatir dengan ruang bagasi yang sempit.

Pada Xpander generasi pertama, sistem operasinya dipersenjatai dengan mesin 4A91 1.500cc 4 silinder MIVEC DOHC. Dengan tenaga tersebut, mobil ini pun diklaim mampu melaju dengan kecepatan 104 horsepower dan torsi maksimal 141 Nm. Transmisi Mitsubishi Xpander dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Pada Xpander generasi pertama, sistem operasinya dipersenjatai dengan mesin 4A91 1.500cc 4 silinder MIVEC DOHC. Dengan tenaga tersebut, mobil ini pun diklaim mampu melaju dengan kecepatan 104 horsepower dan torsi maksimal 141 Nm. Transmisi Mitsubishi Xpander dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca