• 19 Maret 2024 17:46

Bebeclub Meluncurkan Kampanye “Jam Makan Serat” Faktor Tumbuh Kembang Anak

Jakarta – Danone Specialized Nutrition (SN) meluncurkan kampanye “Jam Makan Serat”. Bebeclub mengajak para ibu untuk membangun kebiasaan makan serat dalam mendukung kesehatan pencernaan anak.

Penelitian menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak kekurangan asupan serat, dimana rata-rata anak Indonesia usia 1-3 tahun hanya memenuhi 1/4 (seperempat) atau rata-rata 4,7 gram perhari dari total kebutuhan hariannya. Jumlah ini masih jatuh di bawah angka kecukupan gizi (AKG) yang direkomendasikan, yaitu 19 gram serat setiap harinya.

Menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan dan Ahli Gastrohepatologi, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A (K) , mengatakan, konsumsi makanan berserat tidak bisa diremehkan. Kebutuhan serat yang tercukupi dapat membantu optimalisasi kesehatan saluran cerna yang krusial bagi tumbuh kembang dan kesehatan si kecil, membuat sistem daya tahan tubuh Anak lebih baik, memberi perkembangan otak, mencegah anak mengalami sembelit dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Sedangkan menurut Ahli Nutrisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. DR. Dr. Saptawati Bardosono, Msc, memberikan beberapa pilihan jenis makan serat dengan berbagai pilihan antara lain buah pir, melon dan jeruk. Sayuran seperti brokoli, wortel, dan jagung manis . Untuk kacang bisa kacang polong, buncis, biji-bijian dan kentang dengan kulitnya. Diberikan dengan melihat angka kecukupan gizi dan kelompok usia anak.

Berkomitmen untuk membantu orang tua dalam mendorong tumbuh kembang anak hebat, salah satunya dengan memastikan asupan sehat harian si kecil tercukupi melalui gerakan “Tantangan 21 Hari Makan Serat” yang diharapakan, Sheira Syabila Maulidya, Brand Manager Danone Spesialized Nutrition Indonesia.

“Bebeclub percaya bahwa kehebatan seorang anak perlu dimulai dari nutrisi tepat. Khususnya asupan serat yang dikonsumsi agar bisa memiliki pencernaan yang sehat untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan holistik si kecil, ” lanjut Sheira.

Gya Sadiqah, isteri dari aktris Tara Budiman dan ibu satu anak, menyambut baik inisiatif Bebeclub ini. Dimana Gya juga suka takut apabila sang anak mengalami gangguan pola Buang Air Besar (BAB). Tetapi dengan tahu cara Bebeclub ini, Gya memberikan asupan serat harian anak nya dengan mencukupi dari makanan tinggi serat serta dibantu dengan susu tinggi serat.

Gerakan “Tantangan 21 Hari Makan Serat” mendorong orang tua terlibat aktif dalam konsumsi serat anak. Dimulai selama 21 hari dan terus menerus dilanjutkan sebagai kebiasaan yang baik untuk masa depan.

Bebeclub menyediakan e-booklet yang dapat diunduh secara gratis sehingga para ibu lebih banyak informasi dan inspirasi dalam gerakan ini.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca