• 19 April 2024 07:02

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Dalam upaya membantu pemerintah dalam memerangi pandemi Covid 19, Bus Hino turut juga dijadikan sebagai Bus Bio Labratorium – Mobile PCR Lab.

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menampilkan beberapa line up kendaraannya diantranya Hino FC Bus-Bio Laboratorium–Mobile PCR Lab.

Hino FC Bus – Bio Laboratorium – Mobile PCR Lab menggunakan sasis Hino FC Bus, Bio Lab bus merupakan Mobile Lab yang didesain khusus mengikuti standar Biosafety Laboratory Level (BSL) II.

Bio Lab Bus didesain secara rinci dengan memperhatikan aspek keselamatan tenaga medis yang akan bekerja di dalamnya dan juga alur kerja beserta pembagian ruangan yang ditujukan untuk meminimalisir potensi kontaminasi terhadap sample.

Bio Lab bus menerapkan jalur masuk dan keluar terpisah, dan di desain dengan ruangan laboratorium yang juga terpisah. Ruangan yang terdapat pada bus ini antara lain changing room untuk menggunakan APD, setelah itu masuk ke anteroom, extraction room untuk analisis sampel pasien suspek Covid-19, PCR room untuk melakukan analisis real time PCR, selain itu sirkulasi udara yang menggunakan Hepa Filter untuk menghasilkan tekanan negative menghasilkan udara lebih bersih.

Material dan peralatan-peralatan telah menggunakan standard laboratorium. Secara keseluruhan, Bio Lab Bus ini telah dilengkapi teknologi yang memadai untuk operasional fasilitas kesehatan.

Selain itu bus ini memiliki kapasitas untuk bekerja hingga 24 jam, dengan total jumlah analisis sampel hingga 576 tes setiap harinya.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca