Universitas Budi Luhur Perkenalkan Motor Listrik BL-SEV01 Kepada Indonesia

Advertisements

Jakarta – Universitas Budi Luhur menjadi instansi pendidikan yang terus berinovasi dan tumbuh mengikuti laju perkembangan zaman yang semakin efisien, termasuk dalam mengikuti perkembangan mobilitas di masa depan melalui kendaraan listrik.

Semangat universitas kenamaan di Jakarta ini terhadap riset kendaraan listrik ditunjukan secara konkret melalui pengembangan berbagai kendaraan listrik, dan kini dengan bangga memperkenalkan motor listrik terbaru yakni Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) kepada Indonesia.

Kasih Hanggoro, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti menjelaskan, Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas.

“BL-SEV01 merupakan sepeda motor yang 100 persen digerakan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya, serta dikembangkan oleh civitas akademis Universitas Budi Luhur” Ujar Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M.

Ketiga komponen utama sebuah motor listrik ini sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia. Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

Kemudian di sektor desain dipilih model Cafe Racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

“Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai cukup 4 jam” papar Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M.

“Semoga hasil pemikiran dan wawasan teknologi motor listrik yang dihadirkan Universitas Budi Luhur mendapat dukungan dari semua pihak demi kemajuan industri yang ramah lingkungan, ekonomis, dan solusi untuk energi terbarukan” jelas Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M.

Komentar pembaca