Suzuki Ukir Sejarah Baru di MotoGP

Advertisements
JakartaMengawali start dari posisi bukan yang terdepan ternyata tak jadi soal bagi Alex Rins dan Joan Mir dengan Suzuki GSX-RR nya. Terbukti kematangan talenta, nyali dan performa motor mampu membawa mereka beserta Team Suzuki Ecstar MotoGP kembali meraih juara podium 1 dan 3, sekaligus memimpin poin klasemen pebalap di Aragon GP, Spanyol (17-18 Oktober 2020).

Pebalap Tim Suzuki Ecstar MotoGP mengawali 23 lap di Sirkuit Aragon dengan percaya diri dan optimisme setelah dua hari memperoleh kecepatan yang menjanjikan dengan Suzuki GSX-RR mereka. Dan mereka terbukti mampu mengubah kecepatan ini menjadi posisi podium ganda dengan kemenangan luar biasa dari Alex Rins di posisi 1, serta posisi 3 yang luar biasa dari Joan Mir.

Rins mendapatkan start yang sangat kuat dari posisi gridnya yang kesepuluh, menyapu bersih beberapa pembalap untuk dengan cepat masuk ke posisi keempat. Pada lap ketiga balapan dia naik tujuh tingkat dari grid dan menjadi yang ketiga. Dari sana dia menundukkan kepalanya dan mengatur putaran tercepat dalam balapan, mengejar posisi kedua dan mengambilnya dengan tegas saat lap 6.

Kemenangan podium 1 ini menjadi hadiah besar di balapan kandangnya setelah awal yang sulit di tahun 2020, dan yang pertama untuk Suzuki tahun ini. Alex Rins sekarang berada pada jarak 36 poin dari puncak klasemen kejuaraan, yang notabene dipegang oleh rekan setimnya, Joan Mir.

Pada lap kedelapan ia melakukan gerakan menakjubkan untuk melewati kedua pebalap di depannya dalam satu aksi gerakan untuk loncat menempati posisi ketiga. Mir kemudian mulai mengejar duo terdepan Alex Rins dan Alex Marquez, tetapi ketika putaran semakin dekat dan cengkeraman berkurang, dia memutuskan untuk mengambil opsi yang masuk akal dan puas dengan podium yang bagus yaitu tempat ketiga.

Dengan kemenangan fantastis tersebut, Suzuki berhasil mencatatkan beberapa peristiwa bersejarah baru di musim 2020 ini. Performa luar biasa membuat Tim Suzuki Ecstar mengambil alih posisi kepemimpinan di kategori Kejuaraan Tim. Kemenangan Alex Rins sekaligus menjadi rekor baru yang tercipta sebagai pebalap non-juara dunia yang berhasil memenangkan Aragon GP, sejak terakhir kali terjadi di musim balap 1999.

“Saya merasa sangat santai meskipun ada Marquez dan Joan di belakang, dan saya berhasil menekan. Sulit untuk mengulang ini lagi akhir pekan depan, tetapi yang pasti saya akan mencoba yang terbaik! Rasanya luar biasa bisa kembali ke tangga teratas” Ujar Alex Rins.

“Saya sangat senang, semua upaya yang kami lakukan di setiap balapan akhir pekan telah membuahkan hasil dan saya sekarang memimpin kejuaraan. Di satu sisi, ini tidak berarti banyak karena masih ada empat balapan lagi dan banyak yang masih bisa terjadi, tetapi situasi yang menyenangkan untuk dilalui saat ini” jelas Joan Mir.

Komentar pembaca