Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu dan Bayi Meski Sedang Berada Dalam Masa Karantina

Advertisements

Jakarta – Momen kehamilan adalah periode yang menentukan kualitas kehidupan bayi. Sebagai seorang ibu, penting untuk memenuhi kandungan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh karena turut mempengaruhi tumbuh kembang bayi.

Dengan situasi karantina yang sedang terjadi saat ini, menjadi tantangan tersendiri bagi setiap ibu hamil untuk memenuhi asupan hariannya.

Adanya pembatasan ruang gerak dan penutupan sementara beberapa gerai makanan dapat menjadi hal yang cukup menyulitkan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan memilih bahan-bahan makanan utama yang paling diperlukan bagi ibu hamil. Berikut rekomendasi bahan makanan yang paling baik disiapkan oleh ibu hamil, seperti dikutip dari Jocelyn Halim MND, Head of Nutritionist FITCO (FIT Company):

Daging sapi, ayam, dan telur

Ketiga bahan tersebut dikenal memiliki kandungan protein dan zat besi yang bermanfaat untuk proses pembentukan jaringan tubuh pada janin seperti pembentukan otot, tulang, mata, kulit, jantung, dan hati. Selama proses kehamilan, pastikan ibu hamil untuk mengkonsumsi setidaknya satu dari ketiga pilihan ini dalam setiap sajian santapan.

Ikan dan rumput laut

Ikan dikenal mengandung omega 3 yang mampu melindungi organ jantung ibu dan bayi. Sementara rumput laut merupakan sumber terbaik bagi yodium yang membantu pembentukan otak dan saraf bayi. Walaupun sedang berada dalam masa karantina, tidak sulit mendapatkan kedua jenis makanan ini. Dalam seminggu, usahakan untuk mengkonsumsi ikan hingga 1-3 kali.

Brokoli, bayam, dan kubis

Sayuran hijau merupakan salah satu asupan terpenting bagi ibu hamil. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi sayuran hijau yang memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang tinggi. Untuk penyerapan zat besi yang lebih maksimal, sayuran hijau dapat dikonsumsi dengan makanan yang memiliki vitamin C tinggi seperti buah jeruk/lemon, buah berwarna merah seperti jambu dan tomat.

Beberapa kandungan nutrisi lain yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil adalah:

  • Kalsium – asupan kalsium harian bagi ibu hamil dapat dipenuhi dalam 2-3 sajian. Untuk memastikan kalori tetap terjaga, kalsium juga dapat diperoleh dari susu rendah lemak, yogurt, maupun keju

  • Serat – Cukup wajar jika pada saat-saat tertentu ibu hamil mengalami konstipasi dalam periode kehamilan. Jika hal ini terjadi, segera konsumsi serat yang dapat diperoleh dari buah-buahan segar, sayuran, shirataki, ataupun oatmeal. Pastikan pula ibu hamil terus mengkonsumi minimal 2 liter air setiap hari, dilengkapi dengan olahraga ringan seperti yoga dan pilates yang dilakukan minimal 3 kali seminggu.

Walaupun terbatas larangan keluar rumah karena adanya peraturan karantina, kebutuhan akan nutrisi ini penting untuk dipenuhi.

FIT Market menyediakan 8 kategori bahan makanan yang dianggap mewakili kebutuhan pokok dapur rumah tangga mulai dari kategori protein seperti; ayam, daging, seafood, telur, kategori sayuran, kategori buah-buahan, kategori bumbu dapur, kategori nasi/mie/lentil, kategori fresh bakery, kategori susu, dan kategori minyak goreng.

Komentar pembaca