• 19 April 2024 21:29

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Industri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada periode Triwulan II 2019 menopang 98 persen perekonomian di provinsi Jawa Timur yang berhasil mendongkrak sebanyak 57,52 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sehingga mencapai Rp 585,29 triliun.

Bersamaan dengan upaya tersebut, perkembangan rantai ekonomi digital di Jawa Timur selama tahun 2019 terbukti berperan besar dalam meningkatkan efisiensi UMKM sehingga menumbuhkan perekonomian provinsi sebesar 5,57 persen.

Lebih jauh lagi, pemprov Jawa Timur melihat pengembangan sumber daya manusia sebagai kunci pengembangan ekonomi digital di Indonesia ke depannya melalui misi Nawa Bhakti Satya yang menaungi berbagai program, salah satu di antaranya bertujuan menyediakan akses pasar ke seluruh UMKM Jawa Timur.

Dalam program yang melibatkan Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Jawa Timur ini, para pelaku UMKM dapat mengikuti pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah guna meningkatkan kualitas UMKM terutama dari aspek digitalisasi.

Melihat pertumbuhan ekonomi, khususnya UMKM di kawasan Kediri yang makin pesat, pembangunan proyek yang diprediksi akan selesai pada 2022 ini juga bertujuan menjadikan Kediri sebagai pusat ekonomi Jawa Timur.

Melihat pertumbuhan ekosistem ekonomi digital pada industri UMKM di Jawa Timur ini, OttoPay aplikasi transaksi non tunai yang diperuntukkan bagi para pedagang dan pelaku UMKM semakin optimis untuk turut berkontribusi dalam mendukung upaya pemerintah Jawa Timur dalam melaksanakan tata kelola digital.

Saat ini, OttoPay telah menjangkau lebih dari 200.000 UMKM di Jawa Timur yang meliputi kota-kota besar sebanyak 70%, kota kedua 3%, dan daerah pelosok 24%.

Berbeda dengan layanan transaksi digital yang ditawarkan ke UMKM di kota besar, OttoPay juga melengkapi ekosistem ekonomi digital di warung-warung kelontong atau kaki lima dan juga minimarket modern.

“Kehadiran OttoPay di Jawa Timur menjadi bentuk dukungan penuh terhadap program-program pemerintah yang bertujuan memajukan UMKM melalui jalur digital, serta pada akhirnya mewujudkan provinsi dengan tata kelola digital” Ujar Budi Hartono, President Director PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay).

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca