DOA Menjawab Tantangan dan Menjadi Solusi bagi UMKM di Indonesia

Advertisements

 

Lensautama.com – Setiap orang sejatinya memulia sesuatu usaha dengan diawali oleh DOA. Itulah yang selama ini menjadi tradisi dan budaya bangsa Indonesia yang menganut budaya Timur dan berke-Tuhan-an Yang Maha Esa. Atas dasar inilah sebuah platform aplikasi digital ‘DOA’ akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

PT. Doa Indonesia Kalakioma sebagai inisiator aplikasi ‘DOA’, yang mengumumkan jadwal dan rencana peluncurannya.

Seperti dijelaskan oleh Astron Polaris atau yangnakrab disapa Aris menjelaskan awal mula menamakan Platform Digitalnya “DOA” karena dirinya mengetahui persis keberagaman penduduk di Indonesia dalam agama dan keyakinan. Sehingga setiap memulai sesuatu, baik itu membangun usaha, rumah, maupun bisnis selalu diawali dengan do’a.

Lebih jauh Aris mengakui bahwa platform DOA yang dibuatnya ini diharapkan menjadi solusi bagi UMKM yang ada di tanah air, baik untuk memulai maupun mengembangkan usahanya.

“Selama ini kita tahu bahwa setiap orang, apakah dia usia muda, dewasa, laki-laki ataupun perempuan pasti memiliki sebuah keinginan,ide, atau hasrat. Uniknya keinginan atau hasrat serta ide ini hanya seperti angin yang datang lalu sekejap hilang, tanpa pernah terealisasi dengan baik dan benar. Oleh karena itulah kami membuat sebuah aplikasi untuk menampung semua ide, hasrat, ataupun keinginan dari setiap orang, yang nantinya dapat terpenuhi atau terealisasi. Tentunya ini berkaitan dengan pihak lain dalam kelanjutannya,” jelas Aris.

Kami kemiliki visi melalui platfom DOA ini dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik dengan membantu orang menciptakan dan mengimplementasikan ide mereka.

Kemudian untuk menunjang visi tersebut, kami memiliki misi dalam melaksanakannya, yaitu dengan mempercepat peningkatan jumlah pengusaha yang kompeten, peluang kerja baru dan produk lokal yang kompetitif di Indonesia.

Kendala UMKM saat ini
Menurut data yang kami peroleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) pada tahun 2010 – 2014 Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia memiliki kecenderungan untuk terus bertambah jumlahnya, tetapi banyak dari mereka tidak mampu tumbuh berkembang sebagai bisnis, yang pada akhirnya kalah bersaing, baik di dalam negeri ataupun pasar luar negeri.

Solusi
Untuk mengentaskan masalah tersebut yang dibutuhkan oleh Usaha Kecil dan Menengah untuk tumbuh sebagai bisnis bukan modal kerja tetapi bantuan untuk mengembangkan dan terus meningkatkan kemampuan kewirausahaan mereka. Secara kongkrit solusi tersebut kami tuangkan dalam 2 fitur pada platform digital yang kami kembangkan, sebagai berikut;
1. DOA Mobile Application
Aplikasi ini akan segera tersedia di Android Play Store pada 21 Agustus 2019. Aplikasi in mampu membantu para pengusaha yang hendak memulai maupun mengembangkan usahanya, dengan fitur ideation meraka dapat dengan mudah membuat catatan ide dan dengan fitur Business Plan Generator dalam waktu singkat ide-ide tadi dapat segera di ubah menjadi rencana usaha yang lebih kongkrit.
2. DOA Coach Console
DOA juga memberikan solusi bagi berbagai instansi yang saat ini memiiki program pemberdayaan, inkubasi & akselerasi. Dengan platform DOA Coach Console, mereka dapat dengan mudah membuat program, menentuikan Obyektif dan menyebarkannya lewat DOA Mobile Appication.

Dengan demikian, kami berharap patform ini dapat disambut baik oleh seluruh lapisan masyarakat. PT. Doa Indonesia Kalakioma lewat kedua fitur Platform Digitalnya berusaha dan berharap dapat membantu meningkatkan perekonomiaan Indonesia baik secara mikro maupun makro.

Komentar pembaca

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE