• 29 Maret 2024 15:49

Tips Ganti Pelek Biar Oke Tetap Safety

Tips Ganti Pelek Biar Oke Tetap Safety

Lensautama.com – Memiliki mobil bagi sebagian kalangan tidak keren kalau tidak dimodif. Akan tetapi, biasanya yang di modif seputar kaki-kaki saja. Misalnya dengan mengganti pelek mobil nya menjadi lebih besar agar terlihat Macho.

Apalagi dalam belakangan ini ukuran pelek mobil semakin besar  dibanding mobil keluaran lama. Hal ini disebabkan karena disesuaikan dengan bodi mobil yang juga memiliki dimensi cenderung lebih besar. Penggunaan pelek yang lebih besar bukan tanpa alasan. Produsen mobil sudah mempertimbangkan dari segi keamanan juga kenyamanan serta teknologi-teknologi terbaru yang dibenamkan.

Nah, Bagi Anda pemilik mobil-mobil keluaran baru, sebenarnya ukuran pelek dan ban sudah disesuaikan dan memiliki ukuran paling ideal. Namun kembali lagi, bagi Anda pecinta modifikasi ada satu hal yang perlu diperhatikan.

Bagi yang berniat melakukan modifikasi, biasanya ukuran ban dan pelek itu maksimal naik dua ukuran.

“Naik dua ukuran adalah bracket maksimal dari performa sebuah kendaraan. Jika turun dua ukuran cukup mustahil. Biasanya rem mobil dengan pelek lokasinya sudah berdekatan, jadi jika ban dan pelek kendaraan Anda turun dua ukuran akan mentok dengan rem,” ujar Yudi seorang penjual pelek bekas di bilangan tanah abang, jakarta selatan.

Menurutnya.  apabila mobil menaikkan peleknya menjadi diatas dua ukuran akan membuat kinerja rem jadi terhambat untuk memberhentikan kendaraan karena kerjanya yang semakin berat.

Selain itu, kendala lain ketika mengganti ban dan pelek adalah, jika ukuran pelek semakin besar, tentunya ukuran ban menjadi semakin tipis. Artinya tingkat kenyamanan dari mobil tersebut akan semakin rendah.

“Hal ini banyak terjadi, namun kembali lagi dalam dunia otomotif kita mengenal istilah fashion is pain; untuk memunculkan nilai estetika yang maksimal, ada yang harus kita korbankan, yaitu kenyamanan. Namun konsekuensi itulah yang harus diterima oleh pemilik kendaraan. Selama modifikasi ban dan pelek yang Anda lakukan terhadap kendaraan kesayangan Anda membuat Anda merasa nyaman, hal itu tidak masalah,”ujarnya.

Saat ditanya, apakah pernah menjual pelek diatas dua ukuran dari sepatutnya? Yudi menjawab ,”Pernah mas, pembeli kan raja. Saya hanya menyarankan saja, tapi kalau pembeli ingin. Ya udah, saya jual aja, yang penting “penglaris,” pungkasnya sambil berlalu.

 

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca