• 25 April 2024 13:40

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Para Pemimpin Bisnis di Indonesia Didorong untuk Melegalkan Aset Softwarenya

ByGladis Zahra

Mar 14, 2019 #bsa, #software
Para Pemimpin Bisnis di Indonesia Didorong untuk Melegalkan Aset Softwarenya

.

Untuk itu, BSA telah mengorientasikan kampanyenya secara khusus untuk mencegah perusahaan dari praktik pemasangan maupun penggunaan software yang tidak berlisensi atau ilegal – bukan karena takut akan penegakan hukum, tetapi karena pemahaman bahwa hal tersebut dilakukan untuk kebaikan perusahaan. 

Software tanpa lisensi tidak baik bagi perusahaan

Chief Information Officer (CIO) dari berbagai perusahaan menemukan bahwa software tidak berlisensi memiliki risiko dan berpotensi untuk menyebabkan kerugian yang lebih besar. Data juga menunjukkan bahwa para pemimpin bisnis dapat meningkatkan keuntungan perusahaannya dengan beralih ke software berlisensi.

International Data Corporation (IDC) memperkirakan bahwa perusahaan yang mengambil langkah pragmatis untuk meningkatkan manajemen softwarenya akan dapat meningkatkan laba hingga 11 persen. 

Satu dari tiga perusahaan memiliki peluang untuk terserang malware ketika mereka menggunakan atau memasang software tidak berlisensi maupun membeli perangkat komputer tanpa software asli di dalamnya.

Setiap serangan malware dapat merugikan perusahaan sebesar rata-rata USD 2,4 juta dan akan membutuhkan waktu selama 50 hari untuk memperbaikinya.

Infeksi yang dapat menyebabkan downtime perusahaan, atau kehilangan data bisnis, akan berdampak serius pada merek dan reputasi perusahaan.

Biaya untuk mengatasi malware yang menggunakan software tidak berlisensi pun semakin meningkat. Hal tersebut dapat merugikan perusahaan hingga lebih dari USD 10.000 untuk setiap perangkat komputer yang terserang, dan merugikan hampir USD 359 miliar per tahun bagi perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Tindakan menghindari ancaman keamanan dari malware saat ini telah menjadi alasan utama CIO untuk memastikan software dalam jaringannya berlisensi secara penuh. Upaya peningkatan kegunaan software merupakan faktor pendorong ekonomi dan keamanan yang sangat penting.

Dengan meningkatnya bahaya malware, para pemimpin bisnis semakin terdorong untuk beralih pada software berlisensi penuh yang akan menerima pembaruan secara rutin, dan  sebagai upaya pembelaan terhadap serangan malware, pelanggaran data, dan risiko keamanan lainnya.

Perusahaan-perusahaan dapat mengambil langkah penting untuk meningkatkan manajemen software dan mendapatkan berbagai keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut,  perusahaan dapat menerapkan software asset management (SAM) yang telah terbukti kualitasnya.

SAM tidak hanya membantu CIO dalam memastikan bahwa software berfungsi pada jaringan yang sah dan berlisensi penuh, tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko siber, meningkatkan produktivitas, mengurangi downtime, memusatkan manajemen lisensi, dan mengurangi biaya.

Studi menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan dapat menghemat hingga 30 persen biaya tahunan dengan menggunakan software yang menerapkan SAM kuat dan program pengoptimalisasian software berlisensi.

BSA percaya bahwa melalui kerja sama menyeluruh dengan pemerintah daerah di negara-negara ASEAN, kampanye “Legalize and Protect” tidak hanya akan memberikan perlindungan pada hak kekayaan intelektual software – tetapi juga mendorong komunitas bisnis ASEAN yang lebih kuat, dinamis, dan mampu bersaing dalam skala global.

.

Back


 

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

Komentar pembaca