• 29 Maret 2024 20:14

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Berpenggerak Roda Depan

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Berpenggerak Roda Depan

Lensautama.com – Xpander menjadi mobil favorit pilihan masyarakat. Seperti diketahui Mitsubishi Xpander menggunakan penggerak roda depan. Berbeda dengan Toyota Avanza yang menggunakan penggerak roda belakang.

Lantas, apa keistimewaan dari penggerak roda depan?

Front Wheel Drive

Sistem penggerak roda depan awalnya digunakan pada sedan dan mobil kompak, lantaran memiliki keunggulan tertentu. Penggerak roda depan biasa disebut dengan Front Wheel Drive (FWD)dan merupakan sistem penggerak yang mentrasfer tenaga mesin ke dua roda di depan.

Keunggulan menggunakan penggerak roda depan adalah masalah efsiensi. Penggerak roda depan memungkinkan tenaga mesin dapat sampai pada roda secara efsien dan optimal. Hal tersebut dikarenakan layout penggerak roda depan.

Posisi mesin, girboks dan penggerak beradd di depan semua, jadi tenaga dapat langsung dikirim ke roda depan, sehingga lebih efsien. Selain lebih efisien, respons mesin juga lebih baik lantaran tenaga mesin tak banyak tereduksi.

Penggerak roda depan konstruksinya lebih ringkas, maka otomatis bobot mobil secara keseluruhan pun dapat terpangkas, sehingga konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih efsien.

 

Next….


Komentar pembaca