Kelebihan dan Kekurangan Mobil Berpenggerak Roda Depan

Advertisements

.

Posisi Mesin

Posisi mesin pada penggerak roda depan umumnya melintang (tranverse), juga membuat ruang mesin dapat dibuat lebih kompak. Tujuannya, kabin mobil pun bisa dibuat lebih optimal dan lega. Selain itu penggerak depan tidak membutuhkan terowongan transmisi dan as kopel, sehingga lantai kabin dapat dibuat lebih rata.

Baca juga kelebihan dan Kekurangan Penggerah Roda Belakang
Kelemahan

Kerja roda depan lebih berat, lantaran fungsinya sebagai penggerak dan juga kemudi. Beban kerja differensial, suspensi dan kemudi roda depan lebih berat karena semua tertumpu di depan. Hal tersebut berpengaruh pada usia pakai beberapa komponen pada penggerak roda depan, salah satunya CV joint drive shaft yang mudah termakan usia.

Handling

Mobil penggerak roda depan lebih cenderung understeer. Hal tersebut dikarenakan bobot lebih berpusat di depan. Selain understeer, saat mobil berada di tanjakan dengan kemiringan yang agak ekstrem, ban depan jadi mudah slip ketika harus melakukan stop and go. Hal ini dikarenakan saat menanjak, distribusi bobot cenderung ke bagian belakang mobil. Sehingga traksi pada roda depan jadi berkurang. Makanya saat mulai akselerasi, ban depan jadi gampang slip.

Karena banyaknya komponen yang terletak pada bagian roda depan, membuat ruang gerak roda untuk belok jadi lebih kecil.

Back….


.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Berpenggerak Roda Depan

One thought on “Kelebihan dan Kekurangan Mobil Berpenggerak Roda Depan

Komentar Pembaca