INI Cloud Resmi Diluncurkan, Tawarkan Keamanan Data Perusahaan

Jakarta – INI Cloud merupakan produk cloud dari PT NAP Info Lintas Nusa, penyedia infrastruktur jaringan dan teknologi informasi yang berdiri sejak tahun 2000.

INI Cloud resmi diluncurkan ini merupakan upaya memperkenalkan fungsi dan keunggulan INI Cloud kepada publik khususnya para pelaku bisnis terkait rangkaian acara yang dilangsungkan di McGettigan’s Jakarta.

“Kita bisa membangun cluster infrastruktur cloud yang hanya bisa diakses oleh user yang menjadi klien kita. Misal untuk user di kawasan kompleks perumahan. Untuk satu kompleks, satu user. Aspek security bisa dia kelola sendiri” Ujar Nusa Herlambang T, Head of Sales and Marketing PT NAP Info Lintas Nusa

Aplikasi bisnis yang menjadi jantung operasional perusahaan masa kini dioperasikan dengan bertumpu pada serangkaian infrastruktur yang melibatkan server, operating system, middleware, tak ketinggalan akses internet yang mumpuni.

Bagi sebagian perusahaan, membangun serta mengelola perangkat dan sistem semacam ini tentunya bukan hal yang sederhana karena menuntut banyak biaya, waktu, uang, juga teknisi ahli yang berpengalaman.

“Kami disini menyediakan private insfratrure cloud, kami lihat banyak corpotate ataupun pembinis yang masih ragu menggunakan cloud dan salah satu hambatan bagi mereka adalah security (keamanan) jadi mereka kekhawatiran data mereka itu di luar” imbuh Andri pada saat peluncuran INI CLoud.

Untuk data centernya, INI Cloud sudah tersedia di beberapa negara salah satunya di Indonesia, Singapura, dan beberapa di Los Angeles, Amerika. Ke depannya Andri akan membuat jaringan INI CLoud di Batam dalam waktu dekat.

Komputasi cloud mengatasi hal ini dengan mengubah rangkaian infrastruktur yang rumit tersebut ke dalam bentuk virtual. Meski begitu, menggunakan layanan cloud artinya perusahaan harus berkompromi dalam hal keamanan data, mengingat sebagian besar layanan cloud yang tersedia sekarang bersifat publik.

Dengan memanfaatkan teknologi hyper-converged termutakhir, INI Cloud memungkinkan skalabilitas dan manajemen sumber daya dengan mudah, yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui dashboard yang disediakan.

Di Indonesia sendiri, INI Cloud akan menyasar pada kalangan corporate menegah ke atas, di mana mereka masih mempunyai data center yang tradisional.

Untuk harga sewanya sendiri, INI Cloud akan ditawarkan dengan harga USD 6500 atau sekitar Rp 94 juta per-bulan.

Komentar pembaca