• 27 Juli 2024 11:38

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Keseruan Anak Jalanan Belajar ala Jendela Dunia Jakarta Sampai dapat Beasiswa

Szheerose, Co Founder Jendela Dunia JakartaSzheerose, Co Founder Jendela Dunia Jakarta
LensaUtamaMasalah pendidikan dan eksploitasi anak-anak di ibu kota saat ini menjadi suatu hal yang harusnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Perlu ada gerakan yang nyata untuk mengatasinya agar masa depan anak Indonesia dapat terjaga.

Jendela Dunia Jakarta, sebuah komunitas sosial yang memfokuskan diri pada pendidikan anak-anak jalanan. Berdiri sejak 2014, komunitas yang digagas Szheerose berama beberapa rekannya itu telah memiliki anak didik sebanyak 150 orang anak.

Dari 150 orang anak itu sebanyak 40 anak telah diberikan beasiswa untuk bersekolah di sekolah formal mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Komunitas Jendela Dunia Jakarta (Foto: Dok)

Szheerose, Co Founder Jendela Dunia Jakarta mengatakan tidak hanya sekedar disekolahkan, tetapi anak-anak didik tersebut juga diberi pengawasan dan dipantau perkembangannya dengan bekerja sama antara Jendela Dunia Jakarta dan pihak sekolah.

“Awalnya memang dari panggilan hati ketika melihat ada anak yang harus mengorbankan kesemoatan emas untuk belajar dengan mencari uang di jalan. Dari situ jadi mikir harus berbuat sesuatu agar anak-anak jalanan itu bisa bersekolah,” ungkapnya.

Bersama rekan dan dibantu relawan, Ze sapaan akrab model cantik itu sesekali mengadakan nonton bareng di bioskop dengan mengajak anak-anak didiknya, lalu membuat perlombaan keterampilan. Hal tersebut ia lakukan agar anak-anak merasa senang dan tidak bosan dalam belajar.

“Seperti yang kami lakukan kemarin (Jumat 30/11), kami menggelar kegiatan nonton layar tancep film bersama 150 anak-anak di kawasan Cipete-Jakarta selatan. Selain itu kami juga membuat sejumlah kampanye berbagi sepatu dan alat tulis, serta kegiatan lainnya,” ucap Ze.

Jendela Dunia Jakarta berjalan dibantu dengan relawan (volunteer) yang saat ini berjumlah 25 orang. Para relawan tersebut berasal dari berbagai kalangan mulai dari pelajar hingga professional.

Untuk membiayai operasional Jendela Dunia Jakarta, selain ia keluarkan dari kocek pribadi yang ia sisihkan dari sebagian penghasilannya sebagai model, Ze juga mendapatkannya dari donator dan tentu dari rekan-rekan seperjuangannya.

Demi memberi lebih banyak lagi kesempatan anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, Ze mengajak siapapun yang ingin bergabung membantu untuk agar bisa menghubungi melalui akun Instagram Jendela Dunia Jakarta @Jendela_DuniaJKT. #yudi

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca