Awas Jangan Salah Pilih Kenali Jenis Peredam Untuk Mobil

JakartaBanyak cara yang dilakukan untuk memodifikasi dan mempercantik mobil anda, selain menambahkan Headunit dan Audio mobil banyak cara lain untuk meningkatkan kenyamanan anda adalah dengan menambah peredam Mobil yang berkualitas.

Peredam Mobil bagus biasanya dipasang oleh pemilik mobil untuk mendapatkan suara lebih senyap dari luar, bagi sebagian orang mungkin peredam hanya berfungsi untuk membuat kabin mobil lebih senyap atau hening dari suara luar, sebenarnya peredam ini mempunyai banyak sekali fungsi yang mungkin belum terlalui diketahui.

“Selain untuk membuat kabin mobil lebih senyap atau hening, peredam mobil yang bagus juga berfungsi untuk menahan panas, menahan getaran serta untuk meredam suara audio mobil tidak memantul sehingga kualitas audio yang didengar telinga lebih bagus” Ujar Mas Yanto, seorang Installer dari Begja Autotronics.

Banyaknya merek peredam yang beredar di pasaran membuat konsumen harus pintar memilih jenis peredam, material peredam pun bermacam-macam seperti Aspal, Gel, Bahan Busa, Alumunium Foil atau Rubber Butyl yang belakangan sedang santer dipakai.

Baca Juga : Zero Peredam Getar dan Reduksi Panas Untuk Mobil

Pada faktanya, untuk pemasangan jenis peredam mobil juga harus dilihat dari bagian mobil yang ingin dipasangkan, setiap bagian mobil sebaiknya menggunakan tipe peredam yang sesuai.

Banyak jenis peredam yang dibuat khusus untuk dipasang di door trim pintu mobil, rubber seal pintu mobil, untuk di alas mobil, kolong mobil maupun dashboard mobil dan ada pula peredam yang biasanya dipasang di bagian atap serta kap mesin kendaraan untuk meredam hawa panas.

“Saat ini peredam yang baik di pasaran banyak yang menawarkan bahan aspal dan peredam yang baik sekarang menggunakan bahan utama Rubber Butyl atau Karet Butil” jelas Yanto.

“Brand Noisekill yang menggunaan bahan utama Rubber Butyl ini dapat menjaga ketahanan panas agar tidak merambat dan bahan Rubber Butyl tidak meleleh saat digunakan. Selain itu, Peredam Mobil yang menggunakan bahan Rubber Butyl lebih aman dan baik untuk kesehatan, dibandingkan dengan bahan utama aspal yang meleleh dalam suhu panas dan dapat mengeluarkan gas beracun Hidrogen Sulfida (H2S)” papar Frans, Manager dari Nexindo Audio Nugraha sekaligus Product Manager Noisekill.

Frans menambahkan, efek suara audio mobil yang didengar oleh telinga juga jauh lebih baik, karena pantulan suara ke dinding mobil jauh berkurang,”

Peredam Rubber Butyl memang lebih ringan daripada Peredam Aspal. Bobot Peredam bahan utama Aspal beratnya sekitar 3kg per meter persegi, sedangkan Bobot Peredam bahan utama Rubber Butyl 0.9kg per meter persegi.

Pemasangan Peredam Mobil selain bermanfaat untuk mobil, memang juga sering dianggap orang memiliki satu keterbatasan yaitu akan menambah beban pada mobil.

“Peredam Mobil terbaik bukan berarti yang paling tebal dan paling berat. Peredam Mobil tipis pun asal padat dan kuat dan mampu meredam dengan baik, maka cocok untuk kebutuhan mobil tersebut” Tutup Yanto

Komentar pembaca