• 27 Juli 2024 15:55

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Inovasi DeepBrain Chain Berbasis Blockchain Maksimalkan Kecerdasan Buatan

Lensautama.com – Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan kecerdasan yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin untuk bisa melakukan seperti yang dilakukan manusia, saat ini tengah berkembang dan mulai diaplikasikan ke berbagai perangkat elektronik.

Industri AI berkembang dengan kecepatan yang meningkat dan ukuran data yang diperlukan untuk pembelajaran mesin dapat menempatkan biaya sumber daya komputasi di luar jangkauan untuk perusahaan kecil dan menengah.

Sayangnya kekuatan aritmatika AI tidaklah merata. Untuk mengoptimalkan dan memberi perlindungan privasi data dalam kecerdasan buatan tersebut, DeepBrain Chain menghadirkan inovasi teknologi blockchain yang diklaim dapat memberikan solusi terhadap industri masa depan itu.

DeepBrain Chain sendiri merupakan pionir platform komputerisasi AI berbasis teknologi blockchain.

Dr. Jiang HongQuan, Ketua penasehat AI DeepBrain Chain, sekaligus Direktur Bosch Mitra Ventura Grup Jerman mengatakan, jika dilihat dari segi keunggulan kompetitif, cloud computering terpusat tradisional untuk multi-penyewa, tidak memiliki visibilitas, dan tidak cocok untuk jaringan dan penyedia layanan.

“Ketergantungan akan membawa banyak masalah dalam hal privasi dan keamanan, DeepBrain Chain dalam memecahkan permasalahan ini dapat memberikan perusahaan AI dukungan maksimal dengan harga terendah,” ungkap Jiang, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/6).

Dr. Jiang HongQuan sendiri resmi menjabat sebagai ketua penasihat AI DeepBrain Chain sejak 23 Juni 2018 kemarin. Sebelum bergabung dengan Bosch Grup, ia adalah seorang ilmuwan peneliti di Institut Fraunhofer fakultas Reliability and Micro-Integration di Berlin, Jerman.

Dikabarkan bahwa DeepBrain Chain pada tanggal 12 Juli 2018 bertempat di Bosch Innovation Center di Stuttgart, Jerman; Bersamaan dengan Bosch Grop akan menjadi tuan rumah pertemuan teknologi.

Pada saat itu, akan hadir perusahaan mobil yang terkenal dari Eropa, perusahaan tanpa sopir AI, dan universitas terkenal yang melakukan penelitian tentang AI. Menyaksikan proyek pelatihan AI secara nyata dari jaringan uji-coba DeepBrain Chain.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca