• 20 April 2024 01:23

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

“12.12” Lazada Persiapkan Ratusan Perwakilan Seller di Indonesia Melalui Lokakarya Terpadu

"12.12" Lazada Persiapkan Ratusan Perwakilan Seller di Indonesia Melalui Lokakarya Terpadu

“12.12” Lazada Persiapkan Ratusan Perwakilan Seller di Indonesia Melalui Lokakarya Terpadu

Lensautama -“12.12” Lazada Persiapkan Ratusan Perwakilan Seller di Indonesia Melalui Lokakarya Terpadu. Lazada secara resmi mengumumkan lebih mendetil rencana dan persiapan menjelang ajang diskon  online terbesar tahun ini pada tanggal 12 Desember nanti. Kampanye ’12.12’ merupakan ajang belanja online  terbesar yang digagas sejak tahun 2012 ini merupakan salah satu kegiatan tahunan paling ditunggu oleh para  pencinta belanja online di Indonesia. Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, guna mengantisipasi melonjaknya transaksi baik pada  tanggal 11.11 dan 12.12, sejumlah persiapan dan rangkaian kegiatan terpadu dilaksanakan oleh Lazada guna  memastikan kelancaran dan kenyamanan pengalaman berbelanja para konsumen di situs Lazada.co.id.

Persiapan dan rangkaian kegiatan tersebut terbagi dalam tiga pilar, yaitu:

  1. Seller-centric – Memberikan pendampingan bagi seller mengembangkan bisnisnya dan mempersiapkan  kapasitas menuju 12.12.
  2. Customer-centric – Menghadirkan berbagai penawaran dan fasilitas untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen
  3. Technology driven – Memperkenalkan berbagai inovasi di bidang teknologi untuk memfasilitasi
    kebutuhan konsumen dan seller Lazada.

Florian Holm, Co-CEO, Lazada Indonesia mengatakan (27/9), “Melihat semakin meluasnya tren berbelanja online dan  mengamati bagaimana berbelanja online telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak warga  Indonesia, hal tersebut telah menginspirasi kami untuk terjun lebih jauh ke sejumlah kota dan menawarkan  berbagai inovasi bagi konsumen di berbagai wilayah tersebut. Salah satunya dengan merangkul lebih banyak  seller setempat agar mereka dapat memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan bisnisnya dan membantu kami menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para konsumen Lazada.”

"12.12" Lazada Persiapkan Ratusan Perwakilan Seller di Indonesia Melalui Lokakarya Terpadu


SELLER-CENTRIC

Sejalan dengan komitmen Lazada mendukung upaya pemerintah menumbuhkan titik-titik perekomian yang lebih merata di tanah air, sejumlah program dan kegiatan dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan guna membantu para seller Lazada di seluruh Indonesia, khususnya UKM. Diharapkan melalui berbagai program dan kegiatan tersebut para seller dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan berbisnis dan berkontribusi pada pengembangan daerah masing-masing. Sejumlah program tersebut antara lain meliputi:

Roadshow #UPGRADEUKM

Sejak awal Agustus 2017, Lazada Indonesia telah mengunjungi 6 dari 11 target kota tahun ini untuk memberikan  capacity building kepada para wirausahawan UKM. Di setiap kota tersebut Lazada menghadirkan berbagai pembicara yang terdiri dari pakar pemasaran dan bisnis online, juga seller leader dan seller teladan di kota tersebut untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan mengenai seluk beluk usaha e-commerce. Hingga saat ini, lebih dari 1.000 sellers telah berpartisipasi untuk belajar lebih mendalam lagi mengenai bagaimana cara mengembangkan dan mengelola usaha melalui platform e-commerce.

LOKAKARYA KHUSUS PERSIAPAN 12.12

Pada pagi hari ini, ratusan perwakilan sellers dari berbagai kota di seluruh Indonesia berkumpul di Jakarta guna mengikuti serangkaian kegiatan pembekalan dan edukasi terpadu yang diselenggarakan khusus oleh Lazada untuk mempersiapkan mereka menghadapi lonjakan permintaan ketika 12.12 berlangsung. Beberapa hal penting juga tips praktis disampaikan dalam lokakarya ini, melliputi antara lain manajemen stok, strategi  pemasaran, peningkatan layanan pelanggan, penerapan SOP usaha, serta peningkatan daya saing dalam ekosistem e-commerce Indonesia.

“Segala bentuk pendampingan dan tambahan pengetahuan ini dilakukan karena efisiensi sangat penting ketika operasional dituntut untuk mampu mengimbangi peningkat tajam pesanan yang diterima, khususnya pada periode 12.12,” tambah Florian.

Sementara itu Dedy Indrawan, City Leader Seller Yogyakarta selaku perwakilan seller Lazada pada acara ini mengatakan, “Para wirausahawan dan pedagang mandiri yang telah tergabung sebagai seller di situs Lazada sangat antusias menyambut rangkaian program menuju 12.12 ini. Saya merasakan sendiri, dari tahun ke tahun minat konsumen dan jumlah pesanan selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk itu beragam pendampingan dan informasi dari Lazada sangat membantu kami para seller untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik dan lebih matang lagi setiap tahunnya dalam menyambut banjir pesanan, khususnya pada saat 11.11 maupun 12.12”.

CUSTOMER-CENTRIC

Sementara itu, di sisi lain, sebagai bentuk apresiasi Lazada terhadap para konsumennya, Lazada kembali akan menghadirkan berbagai penawaran dan fasilitas untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang
menyenangkan bagi konsumen.

HARI BELANJA ONLINE KOTA (Harbolta)

Menanggapi peningkatan antusiasme berbelanja online di sejumah kota di Indonesia, pada bulan September ini Lazada menggagas Harbolta yang diperkenalkan di 13 kota di Indonesia. Melalui Harbolta, Lazada menghadirkan penawaran khusus untuk sejumlah top requested items para konsumen setempat; disertai penawaran khusus sejumlah produk dari seller unggulan di setiap kota yang berpartisipasi; dan tidak ketinggalan fasilitas gratis onkir. Program yang berlangsung di 13 kota besar di Indonesia ini (Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Balikpapan, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Malang, Pekanbaru, Palembang, Denpasar, dan Lampung)mendapatkan tanggapan yang sangat baik.

HALAMAN KHUSUS ‘LAZADA PRIORITAS’

Sebagai bentuk dukungan Lazada kepada para seller jagoan yang senantiasa selalu mengedepankan kepuasan berbelanja konsumennya, Lazada menghadirkan sebuah halaman khusus yang diberi nama ‘Lazada Prioritas’ bagi seluruh konsumen Lazada di Indonesia. Melalui laman ini, Lazada memberikan sebuah wadah bagi para seller terbaik untuk memberikan penawaran (deals and discounts) dan koleksi barang terbaik bagi para pelanggan.

‘ONLINE REVOLUTION 11 NOVEMBER 2017’

Setiap tahunnya Lazada mengadakan ajang Online Revolution 11.11 (11 November) sebagai salah satu program dari rangkaian kegiatan menuju 12.12 (Road to 12.12). Para konsumen berkesempatan untuk mulai mendapatkan penawaran terbaik dengan berbagai deals dan discounts baik baik dari UKM lokal maupun brand nasional dan internasional yang dipadu dengan berbagai hadiah menarik.

Stephanie Halim, Head of Campaign & Merchandising, Lazada Indonesia menambahkan, “Pada tahun ini,
Lazada menggencarkan kegiatan pemasaran yang lebih luas, menyeluruh, terpadu, dan tepat sasaran, guna meningkatkan
awareness konsumen terhadap aman dan mudahnya berbelanja online. Ini merupakan momenunik bagi seller, UKM, brands lokal dan juga internasional untuk menjangkau lebih banyak konsumen dari seluruh negeri guna mempercepat pertumbuhan serta jangkauan bisnis mereka”.

TECHNOLOGY-DRIVEN

Tentunya berbagai program dan inisiatif Lazada bagi para konsumen maupun sellernya tidak akan lengkap tanpa dukungan inovasi di bidang teknologi untuk memfasilitasi kebutuhan mereka, yang merupakan bagian dari perwujudan komitmen Lazada sebagai situs destinasi belanja online terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara.

PENINGKATAN INFRASTRUKTUR LOGISTIK

Untuk memfasilitasi lebih banyak seller, brand lokal dan internasional dalam memastikan ketersediaan barang bagi setiap konsumen, Lazada terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengelolaan inventory-nya melalui pengembangan fasilitas pergudangan dan sistem otomatisasi. Termasuk pembukaan fasilitas gudang Lazada terbesar dan termodern yang berlokasi di Cimanggis pada Q1 tahun ini. Saat ini Lazada memiliki 3 gudang dan sejumlah hub untuk pelayanan last mile delivery, kedepannya Lazada akan menambah jumlah fasilitas tersebut untuk meningkatan mutu layanan dan operasional.

PENINGKATAN KAPASITAS TRANSAKSI

Menghadapi lonjakan transaksi dari tahun ke tahun dan mengantisipasi lonjakan yang lebih besar pada 11.11 dan 12.12 tahun ini, Lazada telah melakukan upgrading sistem transaksi online-nya. Melalui upgrade sistem terbaru ini, Lazada akan mampu melayani transaksi hingga 90 juta transaksi perhari. Diharapkan ini akan dapat membantu para seller mendapatkan lebih banyak order dan sekaligus memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan mulus bagi konsumen setiap saat, termasuk saat puncak kampanye tanggal 11 November dan 12 Desember nanti.

Selaku platform e-commerce yang mengedepankan inovasi dan teknologi, Lazada berkomitmen untuk dapat terus menghadirkan terobosan terbaik bagi para konsumen maupun sellernya.

 

 

 

 

https://lensautama.com/2017/11/6%E2%80%8B-%E2%80%8Btren%E2%80%8B-%E2%80%8Bhari%E2%80%8B-%E2%80%8Bbelanja%E2%80%8B-%E2%80%8Bonline%E2%80%8B-%E2%80%8Bterbesar%E2%80%8B-%E2%80%8Bdi%E2%80%8B-%E2%80%8Bindonesia/

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

Komentar pembaca