• 13 Juni 2024 18:36

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Grup HipHop Preman Musik Kini Rambah Indonesia

preman musikDuo preman musik kini hadir di Jakarta (dok.istimewa)

LensaUtama.com – Berawal pada tahun 2014 lalu, dua orang anak Indonesia yang menetap di Negeri Belanda, membentuk grup musik Hiphop ber-genre Urban. Untuk namanya, mereka melabeli diri dengan sebutan Preman Musik (PM).

Lubis Adriano dan Simon Pattipeilohy, membentuk PM karena kesamaan selera dalam bermusik. Kata Preman dipilih dari bahasa Belanda ‘Vrij Man,’ yang berarti manusia bebas. Sedangkan preman dalam bahasa Indonesia, memiliki arti negatif.

Keduanya tak ingin menyerah pada lagu komersial. Selain itu, mereka juga tak berpegang pada sebuah aturan tertulis, tapi melakukan segala sesuatunya dengan sendiri.

Dengan menjunjung tinggi hak kebebasan berekspresi, kebebasan seni, dan kebebasan berbicara, mereka ingin mengubah pandangan negatif menjadi sesuatu yang positif. Baik Lubis dan Simon, keduanya menghadirkan musik yang berbeda dan memberikan kebebasan bagi siapa pun untuk menikmati alunan musik dari PM.

Kesamaan Selera Musik Jadi Alasan Kelahiran Preman Musik

Lubis ‘BangBeats’ Adriano, sejak usia muda sudah piawai menciptakan beat baru untuk seniman lokal Belanda. Ia menyadari keahliannya untuk mencampur suara, nada dan ketukan dari Timur dan Barat.

Sementara Simon ‘Episode’ Pattipeilohy, yang terinspirasi oleh BangBeats dan rapper lokal di studio, memiliki bakat dan kebiasaan bernyanyi dan melakukan rap dalam bahasa Belanda untuk kelompok rap lainnya.

Kesamaan visi, misi, dan selera bermusik, akhirnya membuat keduanya memutuskan untuk membentuk grup musik sendiri. Tak butuh waktu lama bagi keduanya untuk berkolaborasi, sehingga lahirlah Preman Musik (PM).

Selama menetap di Negeri Kincir Angin, sudah banyak lagu dan komposisi musik yang diciptakan sendiri. Karena kecintaan mereka pada tanah air, semua lagunya pun diciptakan dengan lirik bahasa Indonesia. Dengan ini, semua kalangan bisa menikmati musik yang mereka ciptakan.

Pada hari Rabu (24/5) ini, PM rencananya akan melakukan pementasan perdana di Jakarta, tepatnya di H Gourmet & Vibes, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Bagi yang tertarik, sila datang ke acara tersebut untuk lebih mengenal musik PM.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca