• 29 Maret 2024 18:11

TALDESIGN DAN AIRBUS MEMPERKENALKAN POP.UP

ByMuhammad Yusuf

Mar 10, 2017

SISTEM TRANSPORTASI PENUMPANG DARAT DAN UDARA DENGAN KONSEP MODULAR YANG TERANYAR DAN MUTAKHIR

LENSAUTAMA.COM – Dalam acara Geneva International Motor Show yang ke-87, Italdesign dan Airbus memperkenalkan Pop.Up, yaitu sistem transportasi modular, bertenaga listrik, dan tanpa emisi pertama yang dirancang untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar. Pop.Up dirancang berdasarkan sebuah sistem modular untuk transportasi lintas-moda yang dapat memaksimalkan penggunaan jalur darat maupun udara.

Konsep yang dapat diwujudkan ini merupakan hasil refleksi bersama antara Italdesign dan Airbus dalam mencari cara yang paling mudah untuk menghadapi tantangan mobilitas di kota-kota besar. Ini juga merupakan salah satu tantangan yang paling sering dihadapi oleh para komuter di kota-kota besar di seluruh dunia. Dengan kemacetan lalu lintas yang diproyeksikan akan meningkat secara signifikan pada tahun 2030, kedua perusahaan memutuskan untuk menggabungkan keahlian teknis mereka untuk menemukan sebuah sistem mobilitas perkotaan yang berkelanjutan, modular dan lintas-moda – upaya inilah yang kemudian melahirkan konsep Pop.UP.

Sistem Pop.Up bertujuan untuk “mengembalikan” waktu kepada para komuter melalui sebuah cara baru bepergian yang lebih fleksibel, terintegrasi, adaptif dan menempatkan penggunanya sebagai fokus utama. Kendaraan Pop.Up menggabungkan fleksibilitas dari kendaraan darat dua-kursi berukuran kecil, dengan kebebasan dan kecepatan yang ditawarkan oleh kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal (VTOL) dari kendaraan udara – dan dengan ini menjembatani ranah otomotif dan kedirgantaraan.

“Modus operandi” Pop.Up sederhana: penumpang merencanakan dan memesan perjalanan mereka melalui sebuah aplikasi yang mudah digunakan. Sistem akan secara otomatis menawarkan solusi transportasi terbaik – berdasarkan pengetahuan pengguna, waktu, kemacetan lalu lintas, biaya, permintaan ridesharing – menggabungkan baik modul udara, modul darat ataupun transportasi umum lainnya dengan kapsul penumpang, dan mengikuti pilihan serta kebutuhan penumpang.

Kunci utama dari konsep ini adalah sebuah kapsul: dirancang untuk mengakomodasi penumpang. Kapsul berbentuk kepompong yang dilengkapi dengan teknologi tinggi dan dibalut serat karbon monocoque ini memiliki panjang 2,6 meter, tinggi 1,4 meter, dan lebar 1,5 meter. Kapsul ini dapat bertransformasi menjadi city car dengan memilih modul darat yang dilengkapi dengan chassis berserat karbon dan bertenaga baterai.

Airbus sebagai pemimpin di industry kedirgantaraan memanfaatkan keahliannya untuk secara aktif mengembangkan sejumlah konsep radikal yang akan berkontribusi mengurangi kemacetan perkotaan. “Menambahkan dimensi ketiga pada sebuah jaringan transportasi lintas-moda yang terintegrasi dengan mulus sudah pasti akan memperbaiki cara hidup kita dan bagaimana kita berpindah dari poin A ke B,” ujar Mathias Thomsen, General Manager untuk Urban Air Mobility di Airbus, saat memperkenalkan Pop.Up.

Keberhasilan dalam merancang dan menerapkan sebuah solusi yang mampu bekerja baik di udara maupun di darat memerlukan refleksi bersama dari sektor kedirgantaraan dan otomotif, serta kolaborasi dengan badan pemerintah daerah untuk infrastruktur dan kerangka peraturannya. Italdesign, dengan rekam jejak mereka dalam menciptakan desain kendaraan yang luar biasa adalah mitra yang menarik bagi Airbus untuk proyek berkonsep unik ini,” tambah Thomsen.@ Hafidz_mabrur

Komentar pembaca