• 29 Maret 2024 08:40

Jakarta Akan Hadirkan Angkutan Umum Bebas Emisi Dan Ramah Lingkungan

Jakarta Akan Hadirkan Angkutan Umum Bebas Emisi Dan Ramah Lingkungan

.

Lensautama.com –  Sektor transportasi massal di sejumlah negara telah mengacu pada angkutan jalan yang ramah lingkungan dengan bebas emisi. Konsep ramah lingkungan ini telah menjadi arus utama di berbagai sektor, salah satunya di sektor transportasi publik.

Mengacu hal tersebut, PT Transportasi Jakarta berencana menguji coba bus listrik pada Mei 2019. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana menguji bus listrik buatan dalam negeri dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

“Wacana (penggunaan bus listrik) itu harus direalisasikan. Unit yang sudah ada akan dilakukan pengujian sesuai regulasi. Jika memenuhi syarat, kami akan mengoperasikannya di jalanan Jakarta,” ujar Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono dalam ajang Busworld South East Asia 2019.

Secara tampilan interior, bus listrik ini memiliki disain bagian dalam sama seperti bus kota pada umumnya. Konfigurasi kursinya 2-2, dengan pegangan tangan yang banyak di tiang atas. Bus ini juga ramah untuk kaum disabilitas.

Tampilan luar bus ini mengusung warna biru dan hijau dengan gradasi biru muda, yang seolah ingin menyampaikan bahwa ini adalah transportasi umum ramah lingkungan. Bus pertama berwarna biru disuplai oleh MAB (perusahaan bus listrik Indonesia)

“Kita telah menunjukkan bahwa Trans Jakarta sesuai arahan Gubernur DKI, Bapak Anies Baswedan di Januari 2019 untuk menyiapkan diri menguji coba kendaraan listrik di operasional TransJakarta. Karena tanpa memulai, bus listrik hanya akan menjadi wacana.,” pungkasnya.

.


Jakarta Akan Hadirkan Angkutan Umum Bebas Emisi Dan Ramah Lingkungan

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca