• 27 Mei 2024 00:47

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Lensautama.comKancil atau pelanduk diceritakan di berbagai dongeng Nusantara sebagai hewan yang cerdik dan banyak akalnya. Tunduk kepada harimau, sang penguasa rimba, tidak ada di dalam kamus si hewan nakal namun bijak bestari tersebut. Gelar kancil pantas kita sematkan kepada Tim Nasional Rugby Sevens yang akan bertanding di Asian Games 2018.

“Rata-rata tinggi badan pemain kita di Timnas hanya sekitar 170 cm. Kecepatan dan agility adalah kunci utama, ketimbang postur yang besar. Pemain kita boleh diadu untuk dua hal ini” ucap Manajer Timnas Rugby Sevens Dudi Gambiro.

Rugby Sevens memiliki peraturan yang berbeda dengan Rugby XV yang lebih populer, terutama dengan hadirnya Tim Nasional Selandia Baru yang lebih dikenal dengan The All Blacks. Bahkan olahraga yang popular di banyak negara Persemakmuran (Commonwealth) ini telah difilmkan melalui sisi pandang kemanusiaan di negara Afrika Selatan, dengan tajuk Invictus.

Baca Juga : Seputar Sepak Bola

Dengan dimensi lapangan yang sama, Rugby Union memiliki formasi 15 pemain pada dua tim yang berlaga, sedangkan Rugby Sevens memiliki jumlah sesuai dengan namanya. Jelas, dengan jumlah pemain yang lebih banyak, para pemain Rugby Union memiliki postur yang jauh lebih besar karena banyaknya benturan fisik di setiap pertandingan. Beda dengan Rugby Sevens yang lebih fokus kepada kecerdikan untuk menyusuri sisi kosong lapangan dalam mencetak skor atau Try.

.
.

halaman selanjutnya….


By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca