• 14 Juni 2024 22:24

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Artis Hingga Kementerian yang Menerima Kerjasama dari Produk Afiliasi Israel

Produk Afiliasi Israel

Jakarta – Solidaritas Mahasiswa Untuk Rakyat Palestina (SMURP) menyayangkan sikap artis-artis, influencer, hingga kini masih terima kerjasama dari produk terafiliasi Israel. Tindakan Israel di Rafah kemarin rupanya tidak mengetuk hati kemanusiaan mereka.

SMURP pun menyoroti pemerintah yang masih menerima kerjasama dengan produk zionis. Baru-baru ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjalin kerjasama dengan AQUA sebagai official mineral water timnas Indonesia. Bahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) pun berkolaborasi bersama AQUA dalam program Wonderful Indonesia yang digelar Labuan Bajo pada 29 Mei 2024.

Kolaborasi tersebut sontak membuat netizen Indonesia geram, dalam sekejap ribuan komentar membanjiri postingan di akun Instagram Pesona.Indonesia.

“Rakyat udah sibuk boikot.. eh kementerian malah kerjasama. Capek banged” geram @sakinahazzam.

“Oh sorry udah ga minum brand ini lagi. Masih buuuuanyaaaaakkkk brand lokal yg ga kalah oke dari brand ini kualitas air minumnya. Saatnya brand2 lokal yang untuk sehari-hari. FREE PALESTINE.” tulis @dr.herlin.ramadhanti

“Jangan percaya claim Danone Aqua dukung Palestina karena berdonasi. Ingat hanya sedikit yang mereka donasikan, sisanya untuk membeli pernah Isriwiil.” komen @angga.brde.

Hal tersebut menggerakan sejumlah aktivis SMURP untuk menggemakan aksi boikot produk terafiliasi Israel. Para aktivis SMURP tersebut membentangkan dan membagikan poster yang berisi nama-nama produk terafiliasi Israel yang wajib diboikot umat muslim Indonesia pada kegiatan Karnaval Sehat AQUA di Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (2/6).

Acara tersebut bekerjasama dengan artis-artis ternama, bahkan artis berhijab yang sempat menyoroti kekejaman Israel terhadap Palestina.

“Free-Free Palestine. Boikot produk terafiliasi Israel,” ucap aktivis SMURP, Andrian Rizky dalam orasinya sambil membagikan poster daftar produk terafiliasi Israel.

“Kami melakukan aksi di sini karena Danone AQUA ini juga menjadi salah satu produk terafiliasi Israel. Kami ingin memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat secara langsung untuk menghindari penggunaan produk produk terafiliasi Israel. Termasuk AQUA,” ujarnya.

Selain AQUA, Susu Beruang produksi Nestle yang juga merupakan sasaran boikot masyarakat kini menggandeng Nicholas Saputra sebagai brand ambassador yang membuat gaduh di media sosial. Alhasil, banyak netizen kecewa dengan Nicholas karena mempromosikan produk pro Israel.

SMURP mengapreasi kepada masyarakat Indonesia yang telah konsisten menyuarakan boikot produk terafiliasi untuk bersama melemahkan perekonomian pendukung genosida.

“Seharusnya pemerintah, tokoh agama, artis, influencer & berbagai element masyarakat dapat menjadi public figure yang bisa jadi teladan masyarakat. Kita perlu sejalan untuk menghindari produk terafiliasi dan mengutamakan produk lokal.” tegas Adrian.

Tak hanya di Indonesia, aksi boikot produk Israel sampai negara pendukungnya masih berlangsung hingga kini. Agensi besar industri hallyu hingga Idol pun menjadi sasaran boikot lantaran diduga terlibat mempromosikan produk yang berkaitan dengan Israel.

Paling baru, pada tahun ini ada NCT, grup boyband besutan SM Entertainment yang bikin fans meradang. Pasalnya, setelah melakukan konser di Indonesia dengan meriah, malah akun official Starbuck memposting kolaborasi dengan NCT.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca