• 28 Februari 2024 23:31
Hari Kanker Sedunia

Jakarta – MSD Indonesia, perusahaan farmasi global, bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menutup kesenjangan informasi dan penanggulangan seputar kanker di hari Kanker Sedunia.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kanker itu strateginya harus dideteksi dini. Kalau kanker bisa terdeteksi dini, dengan teknologi yg ada sekarang survivability rate-nya (tingkat keselamatan) tinggi. Kalau ketahuan terlambat, penderitaannya besar.

Beberapa kesenjangan yang lekat di masyarakat diantaranya, masih banyaknya informasi yang salah mengenai kanker, keterlambatan dalam penanganan kanker, hingga masih adanya penolakan dari pasien maupun keluarga dalam menjalani pengobatan kanker.

Setiap tindakan kecil kita, mulai dari peningkatan pemahaman diri, memberikan dukungan aktif, hingga keterbukaan terhadap perawatan yang inovatif memiliki dampak besar dalam memberikan perawatan terbaik bagi mereka yang sedang berjuang” ujar Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono, SpPD-KHOM, FINASIM.

“Dengan membekali diri dengan informasi yang tepat, diharapkan pasien bisa mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat, sehingga dapat mengurangi dampak dari penyakit” tambahnya.

Mendukung upaya perluasan edukasi kanker, dan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, MSD Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Indonesia menyelenggarakan pameran karya seni bertajuk “Close the Care Gap” sejak 2-4 Februari 2024 di Indonesia Design District, PIK 2.

Pameran ini menampilkan lebih dari 150 karya seni dari penyintas kanker, mulai dari lukisan, tipografi, foto, dan karya seni lainnya, guna menghadirkan cerita perjalanan para pejuang kanker.

“Dengan langkah-langkah inovatif, kami berupaya menjembatani pemahaman masyarakat tentang penyakit dan pengobatan kanker. Semua ini kami lakukan dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam perjuangan melawan kanker dan meningkatkan kualitas hidup para pasien” jelas George Stylianou, Managing Director, MSD Indonesia.

Tak berhenti disitu, pada kesempatan yang sama, MSD Indonesia meluncurkan @NgobrolinKanker – pusat edukasi dan informasi terpercaya seputar kanker. @NgobrolinKanker menjadi wujud nyata dari komitmen MSD Indonesia dalam menghadirkan informasi yang akurat, dalam upaya menghilangkan kesenjangan informasi terkait kanker di masyarakat.

“Kami berharap kehadiran @NgobrolinKanker dapat memudahkan setiap orang mengakses informasi yang akurat tentang kanker. Karena, kami percaya bahwa setiap orang memiliki kemampuan untuk membuat perubahan, dan bersama-sama dapat membuat kemajuan nyata dalam mengurangi dampak kanker secara luas” pangkas dr. Mellisa H. Wiyono, Country Medical Lead, MSD Indonesia.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca