• 13 Juli 2024 00:46

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Rimba Raid Team Indonesia Siap Melibas Medan Menantang Reli Malaysia

ByYudi Atmaja

Agu 23, 2023 #Rimba Raid
Rimba Raid

Jakarta – Sejak dimulai pada tahun 2015, Rimba Raid berkembang pesat, dari sebuah acara kampung yang diselenggarakan oleh 4 pecinta sepeda motor, menjadi acara terbesar yang pernah diadakan baru-baru ini di Taman Nasional Kuala Tahan pada bulan September 2022 dengan partisipasi dari 14 negara.

Indonesia berjanji menunjukkan taji pada balapan Off-road roda dua intemasional Rimba Raid Taman Negara 2023. Peluang Indonesia Untuk mencapai hasil terbaik pada lomba yang akan berlangsung di Jerantut, Pahang, Malaysia pada 31 Agustus hingga 3 September 2023.

Dhimas Anggoro, Pimpinan Sparta Adventure Indonesia mengatakan, tahun ini Indonesia akan menurunkan pebalap-pebalap profesional, di samping pebalap-pebaiap pehobi. Dengan begitu ditambahkannya, peluang Indonesia mencuri podium Rimba Raid 2023 terbuka.

“Sparta Adventure Indonesia berkolaborasi dengan komunitas Ubas Extreme untuk membentuk tim Rimba Raid 2023 yang kuat. Selain itu, terdapat tim CRF Rally Indonesia dan CosmotoMX dengan pebalap-pebalap yang dapat diperhitungkan. Kita ingin Indonesia bertaji di balap intemasional” ungkapnya

“Ubas Extreme x Sparta Adventure Indonesia akan membawa Wawan Kadri. Kami menilai dialah pebalap hard enduro terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini” ujar Much Budairi Rochman, Manajer Komunitas Ubas Extreme.

Erick EP menjelaskan, kami sudah melihat performa Wawan Kadri dalam serangkaian latihan dan tes motor yang akan dia pakai di Rimba Raid 2023. Hasilnya sangat memuaskan. Jika Wawan bisa bermain di Rimba Raid seperti yang dia perlihatkan pada sesi latihan, di atas kertas dia bisa mencuri podium.

“Wawan sendiri akan turun di Kelas C bersama Danny Khadarusman dengan sepeda motor Honda CRF250 Rally. Sementara pada MasterClass A akan diisi Benny Saputra dengan motor adventure besar KTM 1190 Adventure R” tambahnya

Tim CRF Rally Indonesia akan diperkuat tiga pebalap yang seluruhnya turun di Kelas C dengan Honda CRF250 Rally. Ketiga pebalap itu adalah Iskandar Sudirman dan Tajul Arifin yang tergolong pebalap semi-pro serta Taofic Arifin di tingkat amatir. Adapun tim CosmotoMX akan menurunkan seorang pebalap di Kelas C, yaitu Nanang Surya Fajar yang cukup Pengalaman dipermainan speed off-road.

“Sejauh ini saya telah berlatih dan mengenali karakter motor CRF250 Rally. Sangat menyenangkan. Semoga saya bisa memberikan yang terbaik untuk tim dan Indonesia” kata Wawan

Secara total Garuda Rimba Raid akan menurunkan tujuh pebalap. Mereka akan bertarung bersama 280 peserta dari 24 negara di dunia, termasuk 13 peserta lain dari Indonesia. Rimba Raid 2023 sendiri akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini kejuaraan akan memainkan lintasan sepanjang lebih dari 200Km di dalam hutan hujan Taman Negara, Pehang, Malaysia.

Terdapat tiga kelas yang dilombakan, yaitu MasterCiass A (menggunakan sepeda motor multi-silinder berkapasitas mesin di atas 1.000cc), Kelas B (multi-silinder 250cc999cc) dan Kelas C (silinder tunggal 250cc-800cc).

Seluruh kelas akan berlomba di lintasan yang sama. Mereka akan beradu waktu tempuh di atas permukaan tanah dengan halang rintang alam yang cukup berat, termasuk di dalamnya melintasi sungai-sungai besar dan kecil.

“Saya optimis tahun ini bisa masuk 10 besar. Tapi tahun ini tampaknya akan berbeda. Banyak pebalap pro menghuni Rimba Raid, khusunya Thailand. Saya akan realistis, walau tetap target masuk 10 besar” jelas Tajul.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca