• 21 Juli 2024 08:59

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Asia Cross Country Rally

Jakarta – Ajang Asia Cross Country Rally 2023 yang mengambil rute dari Thailand menuju Laos pada 13 – 19 Agustus 2023, akan diikuti oleh banyak pereli internasional dari belasan negara. Salah satunya adalah Julian Johan, pereli dari Indonesia yang telah menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi dalam pertempuran tersebut.

Sosok yang juga kental dengan kegiatan off-road ini akan berkompetisi dalam kerasnya ajang AXCR yang memang dikenal dengan karakter medan ekstrem di mana terdiri dari kontur tanah, lumpur dan aspal untuk melintasi beberapa jalur utama dan menempuh jarak kurang lebih 2.000 kilometer.

Perlu diketahui bahwa pemilihan Toyota Land Cruiser yang digunakan oleh Julian Johan pada ajang AXCR 2023 didasari bukan hanya dari ketangguhannya, namun model ini juga memiliki nilai histori yang kuat karena telah lebih dari 25 tahun eksis di ajang rally Dakar sejak pertama kali digunakan pada tahun 1995.

Sejarah pun mencatat bahwa SUV lansiran Jepang ini memiliki track record yang sangat baik, bukan hanya dari segi penjualan yang kerap merajai segmen full-sized SUV karena ketangguhan serta kenyamanannya.

 

Asia Cross Country Rally
Ajang Asia Cross Country Rally 2023 yang mengambil rute dari Thailand menuju Laos pada 13 – 19 Agustus 2023 (Foto: lensautama)

 

Julian Johan mengatakan, senang rasanya bisa mengumumkan keikutsertaan saya dan Recky dalam kompetisi Asia Cross Country Rally 2023. Ini merupakan mimpi kecil saya untuk bisa merasakan betapa ganasnya rally Dakar versi Asia.

“Karena kalau kita bicara tentang rally, salah satu impian adalah mengikuti rally Dakar, namun saat ini ibaratnya Asia Cross Country Rally menjadi tujuan yang realistis untuk kawasan Asi” ungkapnya

Pada bagian eksterior yang meliputi body, bumper dan wide fender, menggunakan bahan karbon dan polycarbonate untuk memangkas bobot lebih dari 150 kilogram dari bobot aslinya.

Sementara untuk interior, beberapa komponen seperti jok belakang, panel door trim, serta beberapa aksesoris lainnya telah dieliminasi dan digantikan dengan adanya roll bar yang membentang dari depan ke belakang, 2 ban serep serta penambahan perangkat navigasi khusus rally.

Jok depan pun telah mengalami pergantian menggunakan model racing dengan standar FIA untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan driver dan co-driver selama kompetisi berlangsung.

Spesifikasi mesin Land Cruiser 200 menggunakan jantung mekanis V8 3UR-FE 5700cc yang menggunakan oli Motul 300V ini memiliki internal berbahan forged dengan full exhaust system.

Perihal penggunaan ban, melihat medan yang bakal ia lewati begitu ekstrem, maka ia mempercayakan kemampuan dari ban BFGoodrich K02 & KM3 dengan ukuran 285/70 ring 17 serta velg Braid Wheels Dakar berukuran 17×8.

“Saya bersama Julian Johan juga telah melakukan beberapa persiapan, tidak hanya dari mobil, namun fisik yang menjadi modal utama selama melakoni Asia Cross Country Rally juga telah kami persiapkan. Semoga apa yang sudah kita mulai ini, bisa memberikan dampak yang positif untuk industri motorsport, terutama rally di Indonesia” ungkap Recky Resanto

Terkait Kelas yang diikuti oleh Julian Johan dalam Asia Cross Country Rally 2023, ia akan bertarung dengan beberapa peserta dari Kawasan Asia, di T1G, di mana ini merupakan pertarungan bergengsi untuk mobil-mobil bermesin bensin dengan sistem penggerak 4×4.

“Saya membayangkan pengendara sebagai sosok builder, seseorang yang terdorong untuk menciptakan kehidupan yang mereka inginkan. Imaji ini ditangkap oleh BFGoodrich, melalui produk-produk andal yang membantu saya meraih kehidupan yang sudah saya impikan sejak kecil, yaitu menjadi seorang penggiat rally” kata Jeje.

BFGoodrich All-Terrain A/T KO2 yang dipilih oleh Jejelogy sebagai ban yang digunakan pada saat test ride di Tanah Air menjelang persiapan AXCR 2023, memiliki karet dinding samping yang lebih kuat dengan teknologi CoreGard dan tahan terhadap benturan.

“Asia Cross Country Rally memang bukan hal yang baru bagi saya, terlebih pada tahun 2022 lalu, saya dipercaya untuk mendampingi salah satu pereli senior Indonesia dari tim pabrikan Jepang. Melalui pengalaman tersebut, saya sudah bisa mengkalkulasi perihal rintangan apa saja dan berharap bisa membawa harum nama Indonesia di kancah internasional” jelas jeje

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca