• 16 Juni 2024 20:10

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Sambut Hut Yogyakarta ke-267, TIY42K Perdana Digelar

Hut Yogyakarta

Jakarta – Dalam rangka menyambut Hut Yogyakarta yang ke-267 pada tahun ini, Dyandra Promosindo bekerjasama dengan Raga Jiwa Mulia menggelar The International Yogyakarta 42K pada 8 Oktober 2023 di Yogyakarta. Kegiatan lari marathon ini bertujuan untuk menggaungkan industri sport-tourism, sekaligus mempromosikan keindahan Kota Yogyakarta yang penuh dengan nilai historik.

Penyelenggaraan perdana The International Yogyakarta 42K juga didukung penuh oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Kota Yogyakarta. Acara ini akan menjadi marathon 42.195 KM internasional pertama yang diadakan di Kota Yogyakarta.

“Acara ini dan alasan pemilihan Kota Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan karena Yogyakarta memiliki landmark yang menakjubkan dan dilengkapi dengan infrastruktur yang baik, termasuk Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), berbagai hotel klasik dan modern, dan sistem transportasi yang terhubung dengan baik, sehingga memudahkan peserta dan penonton untuk mengakses acara maraton dan menikmati atraksi pariwisata di Yogyakarta” Ujar Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

“Pada penyelenggaraan The International Yogyakarta 42K (TIY42K), Dyandra Promosindo bersama Raga Jiwa Mulia membawa semangat baru dengan mengusung tagline‘Marathon, Yogyakarta, Istimewa’ dalam hal ini, kami mengajak para pecinta olahraga lari dapat berkontribusi di acara ini sembari menikmati keindahan dan keistimewaan Yogyakarta yang kaya akan nilai sejarah, warisan seni budaya, kuliner hingga beragam destinasi wisata menarik lainnya” ungkapnya

The International Yogyakarta 42K menargetkan partisipasi sekitar 3.000 pelari baik dari dalam dan luar negeri. Para peserta akan bersaing dalam tiga kategori yaitu 42K, 21K dan 10K. Terdapat juga hadiah uang, medali, dan doorprize menarik untuk peserta.

Direktur Utama Raga Jiwa Mulia, Rizky Fransisco menjelaskan, adapun hadiah yang panitia siapkan dalam ajang The International Yogyakarta 42K sebesar Rp 288 juta untuk pemenang pria, wanita, dan kategori master bagi yang berusia di atas 40 tahun, serta doorprizes menarik.

“Yang menjadi istimewa dari penyelenggaraan event ini adalah rute melintasi landmark-landmark Kota Yogyakarta, dengan start di Titik Nol Kilometer Yogyakarta dan finish di Malioboro. Ini merupakan kali pertama event lari marathon yang melewati Malioboro. Hal tersebut juga memberikan kemudahan bagi peserta lari dari segi transportasi, akomodasi dan kuliner yang sangat mudah dijangkau dan banyak pilihan” kata Gunawan Samiadji, Race Management Tribun EO.

Biaya registrasi The International Yogyakarta 42K terdiri dari dua kategori yakni WNI dan WNA. Harga peserta lari 42K untuk WNI Rp 850 ribu dan WNA Rp 1,2 juta. Sedangkan 21K untuk WNI Rp 600 ribu dan WNA Rp 800 ribu. Sedangkan jarak 10K untuk WNI Rp 400 ribu dan WNA Rp 600 ribu.

Harga tersebut sudah termasuk kaos peserta, kaos finisher bagi yang menyelesaikan 42K, nomor BIB, timing tag, race bag, gimmick sponsor dan race guide. Dengan melibatkan peran pemerintah daerah dan masyarakat, serta memberdayakan UMKM setempat, kegiatan ini juga berfungsi sebagai sarana untuk memperkuat kerjasama dan memajukan sektor ekonomi lokal.

By Yanto

Komentar pembaca