• 22 Juni 2024 01:36

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

MotoGP Amerika 2023

Jakarta – Pembalap Gresini Racing, Alex Marquez percaya diri hadapi MotoGP Amerika 2023 karena semakin nyaman dengan tunggangannya. Dirinya akan start dari posisi empat, Senin (17/04/2023) dini hari.

Alex Marquez menjadi pembalap yang diperhitungkan selama sesi kualifikasi, dan hal tersebut diakui Juara Dunia MotoGP 2022 Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), peraih pole position di Circuit of the America (COTA) bahwa Ducati Desmosedici GP22 sangat kencang.

Start dari posisi empat tentunya sangat strategis bagi Alex Marquez untuk meraih poin besar, apalagi pembalap bernomor 73 ini, sepertinya sudah mengenal karakter Ducati Desmosedici GP22. Di lintasan COTA sepanjang 5.513 meter tersebut catatan waktunya 2:02,242 detik, terpaut 0,350 detik dari Bagnaia. Sedangkan Fabio Di Giannantonio catatkan waktu 2:03,350 detik.

Sayangnya saat pertempuran perolehan poin di Sprint Race, Sabtu, (15/04/2023) Alex Marquez mengalami insiden kehilangan cengkeraman ban di tikungan 12, saat akan menyelesaikan lap 5 dari 10 lap. Padahal berpotensi mendapat poin besar untuk tambahan di klasemen Juara Dunia MotoGP 2023.

“Saya merasa performa sangat sempurna di balapan, meskipun sempat terjatuh di kualifikasi kita masih percaya diri dan motor sangat kencang berkat rekomendasi ahli dari tim mekanik, ” jelas Marquez.

Ia menyayangkan, merasa kurang baik secara fisik dan membuat saya terempas ketika pengereman kuat di tikungan 12 dan terjatuh. Saya mencoba “melepaskan diri” setelah Sprint Race dan sekarang saya merasa cukup sehat, dan siap untuk menebus kesalahan besok.

Sementara, Fabio Di Giannantonio, pembalap yang menginjak dua musim bersama Gresini Racing MotoGP, mengakui akibat perubahan cuaca yang drastis di COTA membuat Ducati Desmosedici GP22 sangat berbeda ketika latihan pagi dan petang hari. Ketika FP3 bisa berada di posisi 9.

Pembalap yang akrab dipanggil Diggia ini mengakui alami kesulitan sepanjang dua hari latihan, motor sering alami understeer ketika di tengah tikungan. “Membuat saya kesulitan menikung sesuai keinginan. Sesuatu yang tiba-tiba terjadi dengan kami apalagi lintasan ini sama sekali tidak membantu,” yakin pembalap yang menggunakan nomor #49 ini.

Di klasemen sementara calon Juara Dunia MotoGP 2023, usai Sprint Race MotoGP Amerika 2023, Alex Marquez berada di posisi empat dengan 33 poin. Sedangkan Diggia berada di posisi 17 dengan poin 6.

Komentar pembaca