• 25 April 2024 20:34

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

New Xpander

Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum lama ini telah meluncurkan Xpander Cross di Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022.

Model baru ini diklaim mendapatkan peningkatan kualitas di berbagai fitur, keamanan dan kenyamanan, menghadirkan kombinasi antara keagresifan sebuah SUV dan pengalaman berkendara yang berkelas.

Arif Dwianto selaku Head of Training Section PT MMKSI mengatakan, basanya mobil dengan ground-clearance tinggi akan sangat berdampak pada kenyamanan. Namun berkat penggunaan dan penyempurnaan suspensi tetap bisa memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang Xpander Cross.

Secara desain, New Xpander Cros hadir dengan sisi eksterior “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors dan kini telah mendapatkan penyegaran sehingga tampil lebih agresif, modern dan mewah.
Suspensi baru itu juga dipadukan dengan desain bodi yang lebih gagah dan ground clearance setinggi 220 milimeter sehingga membuat mobil itu leluasa bermanuver di medan tak rata.

“Pada bagian shock absorber juga ada perubahan valve sehingga kualitas redaman lebih optimal. Kemudian juga Suspensi belakang diperbesar seperti yang dipakai di Pajero Sport” ujar Arif.

Area kabin menawarkan kemewahan dan kenyamanan pada sisi interior dengan kabin yang luas dan berkualitas, dilengkapi dengan berbagai macam tempat penyimpanan serbaguna, serta pilihan konfigurasi kursi yang flexibel memberikan kemudahan dan utilitas maksimal.

Duta merek Mitsubishi Indonesia dan pereli nasional Rifat Sungkar menjelaskan bahwa New Xpander Cross menggunakan suspensi dan lingkar kemudi yang berbeda dari varian sebelumnya.

Rifat Sungkar mengatakan, dengan mengadopsi suspensi dari Pajero Sport, maka Xpander Cross akan tetap nyaman dikemudikan meski dinaiki penumpang dengan kapasitas maksimal. Selain itu, penggunaan setir baru juga memberikan rasa kendara yang berbeda, yakni bantingan yang lebih menyesuaikan dengan grip saat bermanuver.

“Untuk Streering responsnya mirip Pajero Sport, bantingan enak. Ada penyempurnaan soundprofing, ada steering feedback. Jadi karena improve di suspensi, steering menjadi enak dan sesuai dengan manuver mobil” kata Rifat.

Dari sisi fitur keselamatan, New Xpander Cross semakin lengkap dengan disematkannya sistem pengereman AYC, yang meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin.

Untuk menunjang suspensi dan kekedapan kabin, sejumlah peredam ditambahkan mulai pada kap mesin, firewall, insulasi di dekat fender sampai kolong mobil yang ditambah penutup. Selain mereduksi suara, engine under guard mampu meminimalisir hambatan udara. Tak heran jika kemudian New Xpander Cross dianggap sebagai salah satu MPV Crossover yang cukup kedap di kelasnya.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca