Jendela Otomotif Indonesia

Pilihan Mobil Listrik yang Tepat, Dikala Harga BBM Tidak Bersahabat

0

Jakarta – Wuling Motors (Wuling) resmi mengumumkan Wuling Air ev sebagai nama mobil listrik dalam acara Wuling 5th Anniversary Virtual Media Briefing.

 

 

Wuling Air ev menonjolkan kemudahan berkendara bebas polusi yang memampukan pengemudinya untuk bergerak bebas menembus tantangan perkotaan didukung dengan berbagai fitur pintar yang dimilikinya.

 

Tepat pada 3 September yang lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Pertamax, hingga Solar.

Penyesuaian harga yang cukup tinggi membuat pengguna kendaraan di tanah air berpikir ulang untuk mengeluarkan biaya tambahan guna memenuhi tangki kendaraannya. Penyesuaian harga untuk jenis BBM Pertalite sudah menembus Rp10.000 per liter dan juga Pertamax yang sudah Rp14.500.

Meski begitu, industri otomotif harus tetap berjalan. Dengan tren kendaran yang lebih ramah lingkungan atau kendaraan yang menggunakan baterai sebagai menu utamanya memang sedang menjadi tren belakang ini.

Kendaraan elektrik diklaim memiliki efisiensi biaya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang masih harus menggunakan BBM untuk mobilisasinya.

Salah satu kendaraan elektrik yang bisa dijadikan pilihan adalah, mobil listrik Wuling Air EV yang baru saja diluncurkan di Tanah Air oleh produsen otomotif yang bermarkas di Cikarang ini.

Wuling Air EV yang sudah diproduksi secara lokal ini memiliki berbagai kelebihan dari segi hemat biaya, yang lebih terpenting adalah mobil berpenampilan imut ini memiliki manfaat yang besar untuk lingkungan.

Wuling Air Ev yang hadir dengan dua varian yang dapat dipilih, Standard Range dan juga Long Range. Untuk Standard Range Wuling Air EV dibekali dengan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh yang mampu berjalan hingga 200 km dengan durasi pengecasan 8,5 jam dengan 2.0 kW.

Untuk varian kedua yaitu Lone Range, Wuling Air EV dibekali dengan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 26,7 kWh dengan jarak tempuh mencapai 300 km. Untuk pengisian baterai lebih singkat yakni hanya membutuhkan waktu 4 jam dengan 6.6 kW.

Meski memiliki tampilan yang imut, mobil ini ternyata sudah dibekali dengan berbagai teknologi yang terkini seperti Intelligent Tech-Dashboard, Multifunction Steering Wheel, Integrated Floating Widescreen, serta Futuristic Center Console.

Yang lebih membuat bangga pemiliknya adalah, mobil listrik Wuling Air EV ini sudah dilengkapi dengan teknologi internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND).

Teknologi WIND sendiri adalah teknologi perintah suara yang memungkinkan pengguna mobil Wuling Air ev untuk mengoperasikan berbagai fitur menggunakan perintah suara dalam bahasa Indonesia.

Hanya dengan menyebutkan kata kunci “Halo Wuling” pengguna bisa memerintahkan berbagai hal mulai dari membuka atau menutup jendela, menyalakan radio, AC, Music, hingga mengangkat telepon sehingga memudahkan para pengguna dan juga membuat pengendara tetap fokus dalam berkendara.

Dengan begitu, keberadaan teknologi WIND membuat Wuling Air EV ini satu langkah di depan dibandingkan dengan kendaraan lain yang masih menggunakan cara manual untuk melakukan hal-hal tersebut.

Dari segi sistem keamanan dalam berkendara, Wuling Air EV sudah dibenamkan sistem Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), Electronic Stability Control (ESC). Electric Parking Brake with Automatic Vehicle Holding, Hill Hold Control.

Tidak hanya itu, ada pula sistem pemantauan tekanan ban melalui fitur TPMS dan radar untuk mundur. Sedangkan keselamatan untuk bagian kabin, Wuling Air Ev dilengkapi dengan dua pengait kursi keselamatan anak ISOFIX serta dua Airbags.

Berbicara dimensi, Wuling Air EV didesain dengan dimensi yang cukup imut dengan panjang panjang sekitar 2.917 mm, lebar 1.493 mm dan tinggi 1.621mm serta jarak sumbu roda 1.940 mm. Ukuran mobil kompak yang kecil mampu membuat Wuling Air ev lebih mudah dan gesit untuk diajak bermanuver di jalanan.

Wuling memberikan rasa aman dengan menghadirkan berbagai program yang menguntungkan bagi para pemiliknya, Mulai dari garansi umum kendaraan sampai dengan 3 tahun atau 100.000 kilometer.

Tidak hanya sampai disitu, Wuling juga memberikan garansi untuk komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun atau 120.000 kilometer serta garansi reducer, power distribution unit, dan user connection unit sampai dengan 5 tahun atau 100.000 kilometer.

Wuling Air EV dibanderol dengan harga Rp. 238.000.000 untuk varian Standard Range dan Rp295.000.000 untuk varian Long Range.

Komentar pembaca