Jendela Otomotif Indonesia

X-MOC Adakan Halal Bihalal dan Melanjutkan Program Unggulan X-MOC di Tahun 2022

0
Jakarta – Komunitas pemilik dan penggemar Mitsubishi Xpander di Indonesia, X-MOC Indonesia menyambut baik dikeluarkannya Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 dan 27 pada 24 Mei 2022 lalu tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2, dan Level 1 di seluruh Indonesia.

Dengan adanya aturan terbaru PPKM ini, X-MOC turut berharap seluruh wilayah bisa dalam kondisi level 1 sehingga sebagai salah satu komunitas otomotif terbesar di Indonesia, dapat kembali beraktifitas seperti layaknya sebelum COVID-19 melanda Dunia.

Seiring ditetapkannya Jabodetabek sebagai daerah dengan PPKM Level 1, maka atas inisiasi 5 (lima) Pengurus Daerah X-MOC, yaitu X-MOC Banten, X-MOC Jakarta Raya, X-MOC Jawa Barat, X-MOC Jawa Tengah, dan X-MOC DIY sepakat menggelar Halal Bihalal X-MOC Indonesia di Swiss-Belhotel Serpong, Tangerang pada hari Sabtu, 28 Mei 2022. Acara ini mengusung tema “Taburkan Maaf Sucikan Hati”.

X-MOC selalu konsisten menggelar Halal Bihalal sebagai kegiatan silaturahmi di bulan Syawal tiap tahunnya. Pada tahun 2018 atas inisiasi beberapa Pengda dan Pengchap se-Jabodetabek, X-MOC  menggelar Halal Bihalal Gabungan yang diselenggarakan di Cibubur.

Saat kepemimpinan Ketua Umum Sonny Eka Putra, X-MOC juga pernah menggelar Halal Bihalal di pusat sentra bisnis Kota Jakarta (Semanggi) pada 22 Juni 2019 yang juga dihadiri perwakilan IMI DKI Jakarta, Robert Batubara.

Hanya pada 2020-2021, seiring merebaknya pandemi Covid-19, kegiatan Halal Bihalal terpaksa berubah konsep dari kegiatan offline menjadi online. Pada 29 Mei 2021 lalu, X-MOC juga mengadakan kegiatan Halal Bihalal “terbatas” mengingat saat itu masih berlakunya PPKM Level 3.

Dengan mengusung tema “X-MOC Eid Mubarak Edition” halal bihalal guna mempererat tali silatuhrahmi dan kekompakan tersebut, juga diisi ajang Show Off modifikasi Xpander yang dilakukan anggota X-MOC, sekaligus temu kangen setelah 1 tahun vakum kegiatan offline.

Pada kesempatan itu juga, dihadirkan XPANDER AP4 yang membawa Rifat Sungkar bersama navigatornya M. Redwan menjadi juara Umum Nasional Sprint Rally 2021. Tidak
hanya itu saja, ajang Halal Bihalal X-MOC 2021, juga menjadi Kick-Off Mitsubishi Xpander Asia Group Forum secara Online yang terdiri dari Komunitas Xpander di Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam dan Bangladesh.

Untuk Halal Bihalal X-MOC 2022 kembali akan dimeriahkan kontes Audio dan Modifikasi yang diadakan dari pagi hari hingga sore hari dan dilanjutkan malam harinya dengan makan malam dan acara hiburan oleh CALL ME SOVIA dan RICHIE FIVE MINUTE.

Halal Bihalal X-MOC 2022 diselenggarakan atas dukungan dan kerjasama dari beberapa sponsor. Antara lain Pertamina Lubricant, ICE-U, SUN Motor, JNE, Archeries, Tha Audio One, Bakmitopia, VSIX KTV Club, Maxxis Arvia, MOLA TV, Ototivo, Autoprima BK, Karosesi Center, GT Radial, HSR dan masih banyak lainnya.

Selain modifikasi, ajang silaturahmi Halal Bihalal X-MOC 2022 ini juga akan diwarnai kompetisi audio dengan menggandeng International Audio Sound Challenge Association (IASCA) yang akan memperebutkan beberapa kategori juara. Sebelumnya X-MOC juga sukses menggelar Kontes Audio menggandeng I-CAN pada tanggal 30 Agustus 2021 lalu di Kemang Village.

Salah satu hal menarik dari acara Halal Bihalal X-MOC 2022, kegiatan ini juga didukung oleh pelaku UMKM anggota X-MOC yang juga akan menjadi Program X-MOC di tahun 2022. Yakni, salah satunya adalah mempromosikan pelaku atau usaha UMKM anggota X-MOC di kalangan Internal atau anggota agar manfaat bergabung di komunitas X-MOC bisa juga dirasakan oleh pelaku UMKM anggota X-MOC.

Kegiatan Halal Bihalal X-MOC tidak saja diselenggarakan di Serpong, Tangerang, tapi beberapa Pengurus Daerah maupun Chapter juga mengadakan acara Halal Bihalal serupa. Salah satunya adalah X-MOC Jawa Timur juga akan mengadakan acara Halal Bihalal dengan tajuk “Ngumbar” atau “Ngumpul Bareng” yang akan diselenggarakan pada 5 Juni 2022 di Griya Café & Resto, Trawas, Jawa Timur, dan sekaligus pelantikan Pengurus Daerah X-MOC Jawa Timur periode 2022-2024.

Anggota X-MOC per 26 Mei 2022 telah mencapai jumlah 5832 anggota yang tersebar di 33 Provinsi. Setiap bulannya, anggota X-MOC bertambah kurang lebih sebanyak 120 anggota (average) semenjak berdirinya pada tanggal 10 September 2017.

Pulau Jawa, Bali dan NTB masih menjadi yang terbesar dalam penyebaran anggota X-MOC, dilanjutkan Sumatera dan Kalimantan sebesar 20% dari total keseluruhan dan sisanya Sulawesi, Maluku dan Papua sebesar 4%.

Saat ini telah terbentuk 21 Kepengurusan Daerah (Provinsi) dan 38 Kepengurusan Chapter (Kota/Kabupaten). X-MOC Sulawesi Utara menjadi Pengda termuda yang baru saja terbentuk pada tanggal 23 April 2022.

Sedangkan untuk kepengurusan chapter, di awal tahun ini telah terbentuk beberapa Chapter yaitu antara lain, X-MOC Purwakarta Istimewa, X-MOC Kerawang Raya, X-MOC Paras (Pandeglang, Banten, dan sekitarnya) dan X-MOC Bilang (Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara).

Target di 2022, X-MOC akan menambah keikutsertaan sebagai anggota X-MOC Provinsi di beberapa wilayah seperti misalnya, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, dan beberapa provinsi lainnya.

Komentar pembaca