• 25 April 2024 14:23

LensaUtama

Jendela Cakrawala Indonesia

Jakarta – Ajang balap motocross paling elit di dunia, MXGP resmi akan digelar di Indonesia pada 24-26 Juni 2022 di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Tahun ini MXGP kembali ke Indonesia setelah 2 tahun absen selama pandemic Covid-19, dengan pelaksanaan terakhir tahun 2019 di Palembang dan Semarang.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Pengawas Pelaksana Racing Committee Bambang Soesatyo mengatakan setelah Mandalika menggelar Word Superbike dan MotoGP, IMI hampir kewalahan karena hampir semua daerah minta untuk dibangun sirkuit.

Perjalanan MXGP di Indonesia dimulai tahun 2017 di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, dan menjadi tolok ukur olahraga motocross di Indonesia dengan animo pembalap yang semakin besar dan minat penonton yang terus bertambah setiap tahunnya.

“Sumbawa sebagai tuan rumah penyelenggaraan MXGP of Indonesia 2022 giat mempersiapkan diri dari sisi fasilitas infastruktur maupun logistik, dengan dukungan penuh dari para stakeholders penyelenggara, masyarakat Sumbawa dan penggiat otomotif di Indonesia” Kata Zulkieflimansyah.

Alasan pemilihan lokasi di SAMOTA Sumbawa karena daerah ini merupakan integrasi dari 3 kawasan indah yang cukup popular di dunia (Saleh, Moyo, Tambora). MXGP diharapkan menjadi Entry Point untuk SAMOTA agar dapat lebih dikenal dunia.

Rombongan MXGP akan tiba di Indonesia sepekan sebelum acara berlangsung dan pembangunan sirkuit di Samota dijadwalkan selesai awal Juni 2022, dilanjutkan dengan persiapan logistik balap dan beragam acara pendukung.

Persiapan perhelatan dmulai awal 2022 oleh STI sebegai kontraktor MXGP of Indonesia dengan Infront  selaku pemegang hak pelaksanaan MXGP di dunia.

Sumbawa menjadi pilihan utama dengan daya tarik keindahan alam dan sumber daya yang disiapkan selama 4 bulan terakhir, dengan SEG sebagai pelaksana persiapan di lapangan.

Penyelenggara menargetkan 75.000 orang penonton menghadiri perhelatan selama 3 hari di Samota dengan beragam acara pendukung MXGP of Indonesia 2022. Tiket akan dijual dengan berbagai pilihan yang akan diumumkan pekan depan.

By Yudi Atmaja

https://lensautama.com

Komentar pembaca