Jendela Otomotif Indonesia

United Tractors dan Scania Mendukung Penerapan Standar Emisi Euro 4

0

Jakarta – PT United Tractors Tbk (UT) dan Scania di Indonesia, menghadirkan truk dan bus terbaru berteknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) berstandar emisi Euro 4 dan Euro 5, untuk mewujudkan sistem transportasi Indonesia yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui pengurangan emisi gas buang.

Sara K. Loebis, Corporate Governance & Sustainability Division Head PT United Tractors Tbk mengatakan, United Tractors menghadirkan Scania truk dan bus menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) berstandar emisi Euro 4 dan Euro 5 di Indonesia, sebagai komitmen perusahaan untuk mendukung Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN/ KUM.1/3/2017 tentang baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau disebut Standar Emisi Euro 4.

“Menjelang diberlakukannya aturan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel di Indonesia pada April 2022 demi mengurangi emisi gas rumah kaca, United Tractors sebagai distributor tunggal Scania di Indonesia siap memasarkan produk yang ramah lingkungan” ungkapnya

“Dengan penerapan standar Euro 4 yang tidak hanya berdampak positif untuk lingkungan dan kesehatan, melainkan juga bagi seluruh pelaku bisnis transportasi” kata Sara

“Memasuki usia United Tractors ke-50 tahun pada tahun ini, yang mengusung tema “Berkarya Membangun Keberlanjutan”, UT mewujudkan aspirasi keberlanjutan melalui peluncuran alat transportasi yang ramah lingkungan serta terus berinovasi untuk menghadirkan kualitas produk dan layanan terbaik” jelasnya

Menjawab masalah tersebut, penerapan Standar Euro 4 akan memberikan dampak positif bagi Indonesia dan seluruh pelaku bisnis transportasi karena dapat membantu menurunkan pencemaran udara.

“Scania sebagai produsen Truck dan Bus, sebuah merek berkualitas internasional dari Swedia dengan pengalaman lebih dari 130 tahun, memiliki visi “Driving the Shift towards a Sustainable Transport System” untuk menciptakan mobilitas lebih baik dalam mendukung bisnis, masyarakat dan lingkungan” Ujar Andreas Truck, Bus & Crane Marketing Operation Division Head PT United Tractors Tbk

“Dengan mengusung tiga prinsip utama, yaitu Energy Eficiency, Alternative Fuels & Electrification, dan Smart & Safe Transport, bersama United Tractors, Scania terus berkomitmen untuk mewujudkan transportasi berkelanjutan” tambah Andreas.

Scania Truck Euro 4 dan Scania Bus Euro 5 memilki lima keunggulan. Pertama,  Selective Catalytic Reduction (SCR) technology. Teknologi aftertreatment pengendalian sisa pembakaran yang mampu mengurangi 85%-95% emisi NOx dan PM.

Pengunaan teknologi SCR memberikan banyak keuntungan pada kendaraan diantaranya adalah umur engine yang lebih tahan lama, akselerasi engine yang tetap prima, efisien dalam konsumsi bahan bakar, dan meminimalisir risiko kontaminasi oli.

Kedua, Fuel Efficiency. Pengembangan engine dan komponen lainnya seperti kapasitas pendingin, injektor, ruang pembakaran, serta inovasi teknologi pada setiap produk generasi Scania terbaru, berkontribusi terhadap penurunan konsumsi bahan bakar yang berdampak langsung terhadap penurunan emisi CO2.

“Di tahun 2022 ini, kami akan terus berinovasi dan mengembangkan produk untuk mendukung terwujudnya transportasi berkelanjutan dan ramah lingkungan serta memberikan teknologi dan fasilitas terbaik bagi mitra usaha kami di seluruh Indonesia” tutup Sara.

Komentar pembaca