• 29 Maret 2024 22:47

Pindah Siaran TV Analog ke Digital Lebih Canggih dan Tetap Gratis

Jakarta – Sebuah keluarga sederhana Mpok Tonah dan Bang Tani nonton TV bareng menikmati siaran pertandingan bulutangkis yang sangat mereka suka. Tapi pasangan suami istri ini ribut karena siaran penuh bintik seperti hujan, sementara mereka lihat TV tetangga jernih gambarnya. Usut punya usut, siaran yang jelek itu karena memang pesawat TV yang mereka miliki TV jadul yang hanya bisa menangkap siaran analog.

Penggalan drama Komedi Betawi yang digelar di Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) ini ditampilkan oleh Sanggar Sinar Jaya, pimpinan Hj Tonah, artis Betawi yang top gegara sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Pentas seni selama satu jam yang didukung oleh LKB ini juga disiarkan langsung dan diakses melalui kanal Youtube Kemenkominfo dan Lembaga Kebudayaan Betawi.

Drama komedi Betawi ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) untuk menyebarluaskan informasi dan memberi pemahaman kepada masyarakat terkait peralihan siaran TV analog ke siaran digital.

Geryantika Kurnia, Direktur Penyiaran PPI Kemkominfo, mengungkapkan ada tiga periode peralihan siaran TV digital, yakni bulan April, Agustus dan November 2022, pada akhir tahun depan seluruh siaran televisi sudah digital semua.

“Ada banyak kelebihan siaran digital ini, di antaranya siaran yang diterima lebih jelas dan suaranya lebih bagus. Selain itu saluran TV yang diterima masyarakat juga menjadi lebih banyak. Sekarang ini sudah ada 637 saluran TV di Indonesia. Di Jakarta saja sudah ada 50 saluran TV digital” imbuhnya

“Mulai 25 Agustus 2022 siaran TV analog di seluruh wilayah Jabodetabek akan dihentikan dan dialihkan ke siaran TV Digital” kata Kepala Stasiun TVRI Jakarta Erwin Hendarwin.

“Bagi masyarakat yang belum memiliki TV digital tidak usah khawatir, karena siaran digital bisa ditangkap dengan menambahkan alat semacam dekoder. Silakan gunakan Set Top Box atau STB, apabila televisi Anda belum digital agar tetap dapat menyaksikan program-program kesayangan Anda” ujarnya

“Dengan teknologi siaran digital nantinya, akan lebih banyak kanal siaran televisi yang bisa dinikmati masyarakat. Namun Kawiyan berharap masyarakat tetap memperhatikan peruntukan siaran yang aman untuk usia anak yang bisa dilihat di pojok atas siaran TV” ungkap Ketua Komisi Penyiaran Daerah (KPID) Provinsi DKI Jakarta, Kawiyan.

“Jangan lupa segera laporkan juga jika ada siaran televisi yang dianggap tidak cocok untuk ditayangkan ke komisi penyiaran” jelasnya

Berikut poin informasi dari Kemkominfo tentang siaran TV digital dengan moto “Ayo nonton TV digital, bersih gambarnya, jernih suaranya, canggih teknologinya”.

  1. Yuk Beralih ke TV Digital. Nonton Siaran TV Digital, Gratis.

  2. Indonesia beralih ke Siaran TV Digital. Siaran TV Analog dihentikan mulai 30 April 2022.

  3. Indonesia beralih ke Siaran TV Digital. Tambahkan STB (Set Top Box) di TV lama Anda.

  4. Cukup tambahkan STB (Set Top Box) di TV lama Anda agar bisa menonton Siaran TV Digital.

  5. Siaran TV Digital bukan streaming internet. Menonton siaran TV digital tetap gratis. Tanpa iuran atau biaya langganan.

  6. TV lama tetap bisa menangkap siaran digital dengan menambahkan STB (Set Top Box). STB harga terjangkau dan mudah memasangnya.

By Syaidah Azahra

Gadis kelahiran tahun 2000 yg masih kuliah di salah satu universitas, yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Gadis pemalu ini bergabung di lensautama.com sebagai penulis untuk menyalurkan hobi nya.

Komentar pembaca