xnxx Batasi Penggunaan Media Sosial dan Lakukan Detoksifikasi - LensaUtama

Batasi Penggunaan Media Sosial dan Lakukan Detoksifikasi

Jakarta – Sebanyak 740 peserta di Parigi, Sulawesi Tengah antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 8 November 2021.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Tema yang dibahas adalah “Candu Medsos, Hati-Hati Stres Gara-Gara Media Sosial”.

Muhammad Habibi; Kreator Konten dan Founder mengatakan, media sosial dapat mempermudah komunikasi sekaligus meningkatkan kolaborasi baik individu maupun organisasi. Namun, ada etika dan aturan yang perlu diperhatikan, misalnya tidak menyebarkan informasi pribadi, tidak mengunggah konten yang belum jelas, memastikan konten tidak menyinggung SARA.

“Ketika mengemukakan pendapat, seyogyanya warganet melakukan riset terlebih dahulu, menjaga kesopanan, serta mengikuti ketentuan yang berlaku. Hindari konten yang menyinggung SARA, berbahasa kasar, menyindir seseorang, selalu mengeluh, serta unggahan yang tidak pantas” Ujar Yusuf Darmawan

Menurut Dedy Abrar Hamsir, hal-hal yang sebaiknya tidak diunggah di media sosial, antara lain boarding pass, kartu identitas, uang dan kartu kredit, slip gaji, wajah anak di bawah umur, dokumen rahasia perusahaan, lokasi terkini atau geotagging, serta konten yang memiliki copyright.

“Sedangkan penggunaan media sosial yang positif, misalnya kampanye soal demokrasi, berpendapat tentang isu terkini, dan ajakan mempertahankan kebhinekaan. “Membuat media sosial yang mengandung unsur persatuan dan keberagaman”imbuhnya.

“Pedoman keamanan dalam bermedia sosial, antara lain jangan asal mengunggah konten, tak perlu detail mencantumkan informasi pribadi, menjaga etika, waspada dan jangan mudah percaya dengan informasi yang masuk, serta pilah pilih akun yang diikuti” kata Adapun Zulkifli Dain

“ncaman keamanan berinternet yang perlu diwaspadai, misalnya phising atau praktik penipuan dengan memanfaatkan informasi pribadi, serangan virus malware ke perangkat lunak, serta waspada bahaya WiFi publik. “Malware dapat mencuri informasi, merusak data, dan mempengaruhi kinerja komputer Anda” jelasnya

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca