Jendela Otomotif Indonesia

Mengontrol Unggahan di Internet dengan Jurus ‘THINK’

0

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo kali ini dilaksanakan secara virtual di Bitung, Sulawesi Utara pada 30 Agustus 2021.

Program kali ini menghadirkan 1.362 adapun rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan 57.550 orang peserta.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif.

Farisca menjelaskan, percakapan daring dengan menggunakan aplikasi percakapan digital bisa berupa teks atau obrolan daring (online chat), panggilan suara (voice call), dan panggilan video (video call).

“Sebelum mengunggah, periksa kebenaran informasi atau konten, review dulu apakah akan merugikan atau menyinggung perasaan orang lain” ungkap Dian Putri Nitami.

“Menurut survei Mastel tahun 2019, penyebab utamanya adalah karena informasi tersebut diunggah atau dibagikan oleh orang yang dipercaya. “Orang akan sangat percaya karena melihat identitasnya” ungkap Amanda Komaling.

“Anak rentan menerima serangan siber, di mana anak bisa saja menerima konten berisi eksploitasi seksual, pornografi, hingga radikalisme, anak rentan mengalami adiksi siber seperti ketagihan gawai atau konten di internet. Selanjutnya, anak juga rentan melakukan atau menerima perundungan siber” jelas Yinthze Gunde.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Komentar pembaca