Jendela Otomotif Indonesia

Dakwah di Media Sosial Jangan Menimbulkan Perpecahan

0

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” mengadakan webinar dengan tema “Dakwah yang Ramah di Ruang Digital” di Muna Barat, Sulawesi Tenggara pada 30 Agustus 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 703 peserta dari berbagai kalangan umur dan profesi.

Kegiatan ini juga diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

M. Djufri Rachim menjelaskan tentang munculnya banyak konten negatif dan dampaknya bagi pengguna internet. Media sosial memiliki kekuatan untuk membawa pesan besar ke platform tertentu atau mengubah ide atau pemikiran.

“Menyuarakan pendapat di media sosial adalah hak pengguna, namun ada etika dan aturannya. Beberapa di antaranya, verifikasi informasi, memanusiakan manusia, hati-hati profesi, dan pastikan niat” ujar Reh

Reh juga membagikan tips menyampaikan pendapat di media sosial. Gunakan identitas asli ketika berkomentar, hindari berkomentar saat sedang emosi, hindari kata-kata vulgar atau SARA, pastikan komentar 100 persen akurat sehingga tidak menjadi fitnah.

“Cara membuat konten dakwah yang baik, berinteraksi yang baik dengan pembaca atau penonton, serta dakwah yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dunia digital” imbuh Jahada.

Sari Ramadanty manfaat internet, seperti komunikasi, informasi, dan bisnis. Adapun dampak negatifnya adalah misinformasi dan disinformasi, konten agresi dan asusila, serta penipuan.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca