Jendela Otomotif Indonesia

Perluas Wawasan agar Tak Mudah Terpengaruh Dakwah Digital Negatif

0

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 26 Agustus 2021 di Pohuwato, Gorontalo.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Dakwah yang Ramah di Ruang Digital”.

Kegiatan di Pohuwato kali ini diikuti oleh 623 peserta. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga memberikan sambutannya sebagai Keynote Speaker. Ia menegaskan kembali pesan presiden tentang pentingnya memenuhi ruang digital dengan konten yg positif.

Menurutnya Savic, era digital menggeser medan dakwah ke dunia maya dengan beragam platform media sosial. Kecakapan menentukan target pemirsa, kreativitas membuat konten relevan, dan menyiarkannya ke target dakwah menjadi kunci sukses berdakwah positif di dunia maya.

” Menulis komentar pastikan kita tidak dalam kondisi emosi. Setelah itu, ketahuilah permasalahan secara utuh, kirim atau komentari sesuatu yang bermanfaat dan sudah terbukti kebenarannya, serta jangan komentari sesuatu yang menyinggung” Ujar Agus.

“Dakwah haruslah disampaikan dengan bahasa yang lembut, baik, dan sopan. Kenali juga karakter lawan bicara, perhatikan intonasi, berikan nasihat yang menyejukkan hati, dan sampaikan dengan penuh keyakinan” ungkap Rusmiati.

“Beberapa tips berinternet, antara lain hati-hati terhadap tautan maupun aplikasi mencurigakan, perbarui perangkat lunak, waspadai virus, dan amankan data akun. Selain itu, pastikan juga jaringan internet aman, kata sandi kuat, gunakan verifikasi dua langkah, dan cek pusat keamanan platform” jelas Arfan.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Komentar pembaca