Jendela Otomotif Indonesia

Periksa Dulu Kebenaran Informasi Sebelum Disebarkan

0

Jakarta – Sebanyak 658 peserta di Kota Gorontalo,antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi pada Selasa, 24 Agustus 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, jadi saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif.

“Kami sangat mendukung program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menargetkan 12,5 juta masyarakat Indonesia yang cakap berliterasi digital. Pihaknya juga meminta seluruh elemen di Kota Gorontalo turut aktif memanfaatkan seminar virtual gratis ini agar bisa mengambil keuntungan dari penggunaan internet secara bijak” Ujar Walikota Gorontalo, H Marten A Taha SE M.Ec.Dev.

Menurut Yekhti Hesthi Murti, sebelum membagikan dan meneruskan konten, warganet haruslah kritis dan selalu mengecek kebenaran informasi. Selain itu, sebelum menyebarkan konten, warganet perlu mencari rujukan lain untuk menguji kebenaran informasinya.

“Tingginya pengguna media sosial justru memberi peluang peningkatan konten negatif. Dia juga menghabiskan banyak waktu di media sosia sebagai tempat mengeluh dan ekspresi kemarahan, dan sebagai ajang tindakan narsis” kata

“Setiap orang tua merupakan manajer teknologi di rumah, karena itu perlu memahami cara dalam membimbing anak dalam berselancar di internet. Selain itu, orang tua harus menyadari internet telah menjadi kebutuhan keluarga, sehingga kepentingan keamanan data harus terus dijaga” ungkap Grysiana Rintani Mokodompit.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca