• 29 Maret 2024 09:20

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi kembali hadir di Luwu, Sulawesi Selatan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo ini dilaksanakan secara virtual pada Selasa, 24 Agustus 2021.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Cara Aman Investasi Online”.

Mega Prawita memaparkan beberapa tips belanja aman di lokapasar, antara lain memilih lokapasar resmi, mengecek reputasi penjual dan harga, mencermati testimoni dari pembeli sebelumnya, membaca deskripsi barang yang dijual, dan pilih metode pembayaran yang aman.

“Dalam berjualan di lokapasar, penjual bisa mencapai predikat atau tingkatan tertentu. Namun, untuk mencapainya tidak bisa instan. “Pasang foto yang bagus, jual produk yang menarik, beri pelayanan yang baik, pastikan barang tiba ke tangan pembeli dengan selamat dan mereka puas, lalu kita tunggu ulasan mereka” jelas Mimi Hilzah.

“Kita bisa mulai dari sekarang. Bagi yang belum melek teknologi, inilah saatnya untuk memanfaatkan teknologi. Perbanyak literasi dan tutorial supaya kita tidak hanya menjadi pembeli atau konsumen tapi pelaku usaha” imbuh Sumarlin.

Miftha menyampaikan, masalah dari investasi daring diantaranya kantornya tidak terlihat, website-nya bisa tiba-tiba hilang, banyak opini-opini miring, masuk-keluar dana melalui bank virtual, dan terlena iming-iming keuntungan yang besar.

Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun media sosial @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

By Gladis Zahra

Gadis lulusan Unpam, ini lahir tahun 2002 memiliki wawasan yang cukup luas, mulai bergabung ke Lensautama.com sekitar tahun 2019 menjadikan Gadis dapat menyalurkan hobi menulisnya.

Komentar pembaca