Jendela Otomotif Indonesia

Warganet Harus Waspada, Turut Aktif Dalam Penipuan Online

0

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 13 Agustus 2021 di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Kegiatan dengan tema “Tips & Trik Menghindari Kejahatan di Ruang Digital” ini dihadiri oleh 707 peserta.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

“Hampir semua platform e-dagang maupun lokapasar telah mengintegrasikan layanan dompet digital. Sejumlah pemain utama misalnya, LinkAja, OVO, ShopeePay, Dana, serta Gopay” Ujar Patrice Sagay

Andhy Loppes, mengatakan transaksi digital akan cenderung aman bilamana penjual telah tergabung dalam lokapasar yang menyediakan metode pembayaran resmi, salah satunya lewat dompet digital.

“Dalam etika bisnis di era digital ini, para pelaku usaha haruslah jujur, adil, ramah, janji yang ditepati, kepedulian kepada pelanggan, menghargai pesaing, dan mematuhi hukum” katanya.

“Konsumen dan pelaku bisnis semestinya memahami betul hak dan kewajibannya masing-masing sebagaimana diatur dalam UU Nomor 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen” jelas Nur Rezkowati

“Pembeli berhak mendapatkan informasi dan layanan yang benar, serta mendapat kompensasi jika barang tidak sesuai permintaan, sedangkan penjual berhak menerima pembayaran serta mendapat hak pembelaan diri dan rehabilitasi nama baik” ujarnya

“Warganet harus proaktif dalam memberantas maraknya penipuan online dengan berbagai modus, salah satunya dengan mengoptimalkan aplikasi laporan kejahatan digital: imbuh Lady Giroth

Webinar literasi digital ini mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Komentar pembaca