Jendela Otomotif Indonesia

Peran Guru dan Orang Tua Mendukung dan Memfasilitasi Anak Belajar Daring

0

Jakarta – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 10 Agustus 2021 di Majene, Sulawesi Barat.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Kegiatan dengan tema “Menjaga Kualitas Belajar dari Rumah” ini diikuti oleh 921 peserta dari berbagai kalangan.

Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri.

“Saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif” kata Presiden

Menurut Achmad Fathoni Rodli, keaktifan belajar mahasiswa dan peran guru atau dosen sebagai fasilitator dan mediator mempengaruhi keberhasilan belajar. Fungsi fasilitator di sini berarti setiap guru memiliki kompetensi keilmuan sebagai motivator, dapat memandu pencarian informasi, serta terampil dalam evaluasi setiap pembelajaran.

“Orang tua sangat berperan untuk aktif mencegah anak menjadi pelaku maupun pelaku perundungan tersebut. Sampaikan kepada anak pentingnya etika di media sosial” ujarnya.

“Kewajiban belajar di rumah selama era pandemi menimbulkan berbagai masalah baru. Antara lain, banyak anak yang memiliki perasaan tidak menyenangkan belajar di rumah, sekolah belum memiliki program yang baik, serta sebagian besar guru tidak memahami teknologi pembelajaran daring” jelas Suhardiyanto.

“Untuk menghindari dampak negatif terdapat upaya-upaya yang perlu dilaksanakan orang tua. Antara lain, beritahu anak bahwa tidak semua di internet itu benar, informasikan ke anak apa yang boleh diakses atau ditonton serta larangannya, dan periksa secara berkala apa yang telah diakses anak” ungkapnya

Webinar literasi digital ini mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta. Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Komentar pembaca